Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Amir Khan: Saya Percaya India Dapat Menghasilkan Muhammad Ali

Amir Khan. (BoxingScene.com)

Rondeaktual.com, – India memiliki bakat tinju yang melimpah dan bintang tinju Inggris berdarah Pakistan, Amir Khan mengatakan ia akan sangat terkejut jika negara itu tidak menghasilkan petinju sekaliber Muhammad Ali dalam waktu dekat. Amir Khan adalah mantan juara dunia WBA kelas welter yunior.

“Saya percaya India dapat menghasilkan Muhammad Ali. Saya tidak dapat menerima bahwa dengan populasi dan bakat besar yang Anda miliki, itu tidak mungkin. India memiliki potensi untuk menghasilkan seorang juara seperti Ali,” Khan mengatakan kepada wartawan dalam acara peluncuran akademi tinju profesional yang direncanakannya di Delhi-NCR.

Akademi Amir Khan akan memiliki ikatan dengan organisasi Mixed Martial Arts, Super Fight Promotions, yang akan bermitra dalam meluncurkan Liga Tinju Internasional di Asia Tenggara.

Terpesona oleh keramahan yang hangat yang ia dapatkan selama perjalanan perdananya ke India, Amir mengatakan selama lima hari tinggal menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

“Aku tidak pernah mengharapkan cinta dan kehangatan seperti ini. Aku di sini untuk pertama kalinya, menghadiri beberapa pernikahan (termasuk bintang kriket Harbhajan Singh), pergi ke Ajmer Sharif dan itu adalah pengalaman yang tak terlupakan. Aku pasti akan kembali lagi,” kata petinju berusia 28 tahun, yang pada usia 17 tahun, menjadi petinju Inggris terbesar yang memenangkan medali Olimpiade dengan merebut medali perak kelas ringan Olimpiade Athena 2004.

Petinju Inggris kelas welter yang aslinya adalah orang Pakistan, tidak bisa lepas dari pertanyaan klise tentang hubungan politik Ind-Pak. Menjauhi pernyataan politik, Amir Khan mengatakan olahraga bisa menjadi solusi.

“Saya mendirikan lima akademi di Pakistan dan mereka akan siap dalam waktu sekitar 12 bulan. Kemudian setelah akademi di India lepas landas, siapa tahu Anda mungkin memiliki pertarungan antara anak laki-laki dari kedua belah pihak. Jadi akan ada perkelahian tetapi dengan wasit,” katanya sambil tertawa.

“Saya tahu hubungan antara India dan Pakistan bukan yang terbaik tetapi menjadi orang Inggris-Pakistan, saya hanya bisa mengatakan bahwa saya dapat membantu dengan cara apa pun yang saya minta,” tambahnya.

“Selalu ada orang baik dan jahat di setiap agama tetapi kita harus mengikuti yang baik,” tutup Amir Khan.

Finon | BoxingScene.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *