Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Awas, Ivan Dychko Raksasa Kazakhstan

Petinju kelas berat asal Kazakhstan, Ivan Dychko. (LatinboxSporst.com)

Rondeaktual.com – Para jawara dunia kelas berat masa kini seperti Anthony Joshua (Inggris) juara WBA (World Boxing Association) Super, WBO (World Boxing Organization), IBF (International Boxing Federation) dan IBO (International Boxing Organization), Deontay Wilder (Amerika Serikat) kampiun WBC (World Boxing Council) dan Manuel Charr (Suriah) juara WBA Reguler, tampaknya harus waspada dengan kehadiran raksasa kelas berat asal Kazakhstan, Ivan Dychko.

Coba perhatikan tongkrongan tubuhnya yang super dan sangat ideal berbaku hantam di kelas dengan bobot tubuh 91 kilogram ke atas ini. Tinggi Dychko 206 sentimeter dengan diimbangi berat badan 120 kilogram.

Atlet yang dipoles pelatih Derik Santos ini mengemas rekor gemilang tak terkalahkan dalam enam kali beradu jotos di atas ring. Dan yang luar biasa dari Dychko, karena keenam lawannya dibuat terkapar KO di atas kanvas. Ini membuktikan mantan peraih medali perunggu di kelas super berat (91 kilogram plus) di dua kali Olimpiade 2012 dan 2016 ini mempunyai daya ledak pukulan (punching power) yang mematikan.

Korban kebrutalan pukulan Dychko terakhir yakni Michael Marrone, Raja KO baru Amerika Serikat. Marrone dipaksa mencium kanvas (KO) di ronde pertama setelah dagunya dihajar straight kiri keras Dychko di Saint Petersburg, Florida (Amerika Serikat) 16 Juni lalu.

Mengingat umurnya yang sudah 27 tahun raksasa berkepala plontos ini harus diupayakan segera mendapatkan lawan yang berada di peringkat 15 besar dunia, agar segera mendapatkan kesempatan menantang juara dunia. Dychko bergaya boxer kidal stylish, memiliki pukulan jab kanan dan straight kiri yang cepat, akurat dan beruntun. Kombinasi hook kiri-kanan maupun upper cut Dychko juga meledak dahsyat. Dychko dimanajeri Mike Altamura, Ziya Aliyev dan Elvis Crespo.

Paulus Noor Mulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *