Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Damianus Yordan Siapkan Ari Agustian ke China

Mantan petinju pelatnas Ari Agustian asal Pontianak, Kalimantan Barat, asuhan pelatih Danianus Yordan. (Rondeaktual.com)

Rondeaktual.com, Jakarta – Pelatih Damianus Yordan, 50 tahun, menjelaskan petinjunya, Ari Agustian sedang disiapkan untuk pertandingan gelar WBC Youth Asia di China.

“Ada dua tawaran tanding untuk petinju saya (Ari Agustian), di China dan Jakarta. Tadinya Jakarta dulu baru China. Sekarang terbalik, China dulu baru Jakarta. Kami harus fokus China dulu baru kemudian Jakarta,” kata Damianus Yordan, yang pernah bertanding di kampung halaman Muhammad Ali, Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Damianus berbicara di Kayong Utara, Kalimantan Barat, dihubungi dari Jakarta melalui ponselnya.

Pertandingan di China, kata Damianus, sebagai kelanjutan kontrak pertandingan sebelumnya, di mana Ari Agustian berhasil merebut sabuk WBC Youth Asia featherweight.

Ari Agustian, 22 tahun, merebut sabuk WBC Youth Asia kelas bulu setelah menjatuhkan petinju China, Baolin Kang, pada ronde pertama. Hasil mengejutkan itu terjadi di aras ring Olympic Park, Xi An, China, 15 Mei 2018.

Ari yang pernah menolak bergabung dengan pelatnas dan memilih tinju pro, belum terkalahkan dengan rekor bersih 7-0-0 (7 KO).

“Kami bersyukur untuk prestasi Ari. Artinya, petinju Indonesia masih bisa berbuat lebih baik dan lebih besar,” kata Damianus.

Ditambahkannya, Ari sudah menjalani latihan umum di Pontianak. “Dia tinggal di Pontianak, makanya dia latihan di Pontianak. Nanti kalau sudah masuk program sparring, baru datang ke Kayong Utara. Saya menetap di Kayong Utara,” katanya. Ia juga Ketua KONI Kabupaten Kayong Utara untuk periode 2018-2022.

Damianus tak ingin gagal di China, yang akan berlangsung Agustus. “Dari China langsung persiapan pertandingan di Jakarta, yang direncanakan bulan September,” ujarnya. Damianus senang dengan rekor Ari yang belum terkalahkan; 7-0-0. Semua menang KO.

7 KEMENANGAN ARI
Nicky Nainggolan, Jakarta.
Yopi Sihalan, Jakarta.
Ramadhan, Jakarta.
Moensaku Yunior, Jakarta.
Boido Simanjuntak, Sukadana.
Zun Rindam, Jakarta.
Baolin Kang, China.

Finon Manullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *