Press "Enter" to skip to content
Eric Morante akan berjuang agara tinju amputasi bisa tampil di paralimpic. (Foto milik Hosanna Rull)

Sersan Marinir AS Eric Morante Adalah Petinju Amputasi Pertama

Eric Morante, 34 tahun, sedang menjalani latihan dan akan berjuang agar tinju amputasi bisa tampil di Paralimpiade 2028. (Foto milik Hosanna Rull)

Rondeaktual.com – Sersan Korps Marinir AS Eric Morante baru berusia 23 tahun ketika dia kehilangan kaki kanannya karena IED yang dipicu oleh kendaraan yang dikemudikan oleh seorang pembom bunuh diri di Irak pada tahun 2007. Setelah menjalani tiga tahun terapi pengobatan, Morante bertekad kuat untuk mendapatkan kembali sebanyak mungkin kenormalan dan kepuasan dalam kehidupan sipil.

Tapi Morante segera menemukan bahwa negara yang kebebasannya dia perjuangkan untuk melindungi akan menolaknya kebebasan untuk berpartisipasi dalam olahraga yang menjadi hasratnya sepanjang hidupnya. Dari pra-sekolah hingga sekolah menengah, penduduk asli Houston ini telah mengemas petinju dengan baik secara formal maupun informal dan mengidolakan orang-orang besar seperti Julio Cesar Chavez, Oscar De La Hoya, Felix Trinidad, dan Muhammad Ali.

“Tinju selalu menjadi olahraga saya. Saya mulai tinju ketika saya masih kecil. Ayah saya memberi sepasang sarung tinju ketika saya berusia 5 tahun,” kata Morante, dikutip dari BoxingScene.com, hari ini. “Tapi ke mana pun saya pergi, saya diberi tahu bahwa saya tidak akan bisa bersaing dalam tinju.”

Ilmu yang manis juga terbukti lebih katarsis bagi Morante daripada pengobatan medis atau psikologis yang diresepkan kepadanya oleh sains modern.

“Saya bisa pergi ke sesi terapi selama satu jam dan bosan dalam 20 menit,” kata Morante. “Dan kemudian saya bisa menghabiskan delapan jam di gym tinju, sepanjang hari dan terkadang lupa untuk makan karena saya sangat tertarik saat berolahraga di dunia tinju.”

“Saya rasa tidak tepat bagi orang militer untuk membela kebebasan kami dan kemudian kembali dan diberi tahu bahwa kami tidak dapat melakukan apa yang kami sukai.”

Morante mulai memperjuangkan hak untuk diamputasi untuk bisa bersaing dalam olahraga, menjadi pembicara utama untuk veteran dari Houston dan San Antonio.

Pada tahun 2012, mantan marinir ini mendirikan tempat berpijak kecil di misinya ketika ia menjadi amfibi laut pertama yang dijatuhi sanksi di Amerika Serikat di bawah Asosiasi Tinju Amatir Texas Selatan. Dia telah memenangkan empat dari lima pertandingan amatir yang dikemas dalam pertarungan ekshibisi di partai pro.

Asosiasi Tinju Amatir Texas Selatan melarang petinju yang diamputasi di seluruh negeri dan harus melakukan perjalanan ke Texas untuk bisa bertanding.

“Saya ingin orang-orang yang diamputasi lainnya tidak harus bergantung dari satu komisi ke komisi berikutnya,” kata Morante. “Anda harus dapat mengepak bebas di seluruh Amerika Serikat. Bagi saya itu cukup membuat frustrasi untuk diberitahu saya tidak diperbolehkan melakukan apa pun karena ini (cacat).”

“Itu sedang dirahasiakan. Seperti pada saat ini, kami hanya diizinkan untuk bertanding dalam tinju amatir melalui Asosiasi Tinju Amatir Texas Selatan. Tetapi dengan komisi Teluk atau komisi lain di Amerika Serikat yang berada di bawah Tinju AS, kami tidak diizinkan untuk bertanding di sana, yang tidak masuk akal.”

Tujuan utama Morante adalah mendapatkan tinju yang dimasukkan sebagai olahraga di Paralimpiade pada 2028, jika tidak lebih cepat. Sebagian besar ketidakpedulian dari berbagai organisasi tinju terhadap petinju yang diamputasi berasal dari kurangnya publisitas tentang penderitaan mereka, kata Morante, jadi sangat penting bahwa mereka mengeluarkan kata-kata dan menggalang dukungan publik.

“Kita bisa masuk ke Paralimpiade berikutnya selama orang-orang memilih olahraga itu,” kata Morante. “Tetapi jika orang tidak tahu tentang olahraga, bagaimana mereka akan memilihnya?”

Tidak ada pelobi yang lebih baik untuk tinju Paralympic daripada Morante, 34, karena ia pandai berbicara, berwawasan luas dan berorientasi pada tujuan, menurut Aaron Navarro yang melatih Morante bersama Bobby Benton di Main Boxing Gym di Houston. Tapi lebih dari sekedar rooting untuk penyebabnya, Morante dan sesama petinju yang diamputasi menjadi contoh, kata Navarro.

“Ini menunjukkan bahwa mereka bersaing di tingkat yang kompeten,” kata Navarro. “Ini bukan pertunjukan badut atau segelintir orang yang suka main-main. Mereka adalah orang-orang yang benar-benar berlatih dan benar-benar berkelahi. Anda menonton beberapa dari orang-orang ini dan Anda akan melihatnya pasti milik (dalam Paralimpiade) sama seperti olahraga lainnya.”

Sebagai seorang petinju, Morante mengatakan dia cukup banyak pejuang yang sama sebelum dia menjadi diamputasi.

“Saya berjuang sebagai pejuang ortodoks yang tumbuh dan saya masih bertarung dengan cara yang sama,” kata Morante. “Satu-satunya yang berubah adalah aku harus menggunakan kaki palsu ke ring, seperti aku menggunakan prostetik untuk berjalan.”

“Saya hanya perlu beradaptasi dan mengatasinya. Saya sudah beberapa kali bertanding dan saya masih bisa menjatuhkan orang.”

“Morante adalah petinju amputasi pertama yang saya kerjakan dan salah satu hal yang mengejutkan saya adalah dia bisa bergerak dan menjaga keseimbangannya jauh lebih baik daripada yang saya perkirakan,” kata Navarro. “Dia punya tangan kanan yang bagus dan dia bergerak ke sisi kanannya dengan sangat baik. Dia benar-benar beradaptasi. ”

Selain Morante, Navarro juga melatih seorang diamputasi ganda yang memiliki kecenderungan untuk tidak hanya bersaing tetapi menang.

Kehilangan kakai tidak menghalangi Morante untuk menjalani kehidupan yang lebih atletis dan kuat secara fisik daripada sebagian besar orang tanpa cacat atau alasan. Dia telah menjalankan dua maraton Marine Corps, berenang, bersepeda dan menjalankan triathlon New York City dan merupakan bagian dari tim cacat pertama untuk menyelesaikan Texas Independence Run yang membentang sejauh 200 mil.

Morante, ayah dari seorang putra berusia sembilan tahun, juga suka berburu, memancing dan scuba diving.

Finon | Sumber: BoxingScene.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *