Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Adonis Stevenson Mengalami Cedera Otak Berat

Adonis Stevenson sebelum dilarikan ke rumah sakit. (Boxen1)

Rondeaktual.com, Quebec City – Mantan juara dunia WBC kelas berat ringan Adonis Stevenson (Kanada, 41 tahun) masih dalam perawatan khusus. Stevenson tumbang KO ronde 11 di tangan petinju Ukraina, Oleksandr Gvozdyk, yang berlangsung di Quebec City, Kanada, Ssabtu (1/12/2018).

Kalah KO dan kehilangan gelar WBC, Stevenson langsung dilarikan ke rumah sakit. Menurut Stevenson Dr. Alexis Turgeon, dokter spesialis di rumah sakit Quebec City, Stevenson menderita cedera otak traumatis berat yang memerlukan bantuan pernapasan mekanis dan pemantauan neurologis khusus.

Sejak kekalahan knockout ronde 11, Stevenson menjalani operasi pada malam hari Sabtu hingga Minggu dan sejak itu dirawat di unit perawatan intensif. “Dia menderita cedera otak traumatis yang parah. Situasinya masih stabil dalam keadaan itu, tetapi kritis,” kata Turgeon, dari The Hôpital de l’Enfant-Jésus.
“Kondisinya memerlukan bantuan pernapasan mekanis, sedasi yang dalam dan pemantauan neurologis khusus. Terlalu dini untuk berkomentar tentang prognosis jangka panjang Mr. Stevenson. Saya mendesak media untuk sangat berhati-hati dalam mendistribusikan informasi medis yang tidak berasal dari medis resmi.”

Keluarga Stevenson berterima kasih kepada pendukungnya atas banyak pesan empati dan dukungannya selama beberapa hari terakhir. “Mereka ingin berada di samping tempat tidur Tuan Stevenson dan meminta semua orang untuk menghormati privasi mereka.”

Stevenson menunjukkan gejala gegar otak yang serius ketika awalnya dirawat, terdaftar dalam kondisi kritis dan ditempatkan dalam koma yang secara medis dipicu, dan kemudian ditingkatkan menjadi stabil.

Stevenson adalah mantan juara WBC terlama yang menguasai gelar juara WBC kelas berat ringan sepanjang 5 tahun dan 6 bulan. Stevensson mencatat rekor menang-kalah-draw 29-2-1, 24 KO. Lawannya Gvozdyk belum terkalahkan dengan rekor 16-0-0, 13 KO.

(Rondeaktual.com / sumber: boxingscene.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *