Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Perjuangan 3 Petinju Indonesia di Vietnam: Semua Kandas KO dan Angka

Ilustrasi: Waldo Sabu (kiri).

Rondeaktual.com, Jakarta, Ditulis oleh Hafiz Hermawan – Tiga petinju Indonesia berkesempatan tampil pada partai tambahan Kejuaraan WBA Asia Super Welterweight yang digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam, Minggu malam (20/1/2019).

Pertandingan ini sendiri disiarkan langsung melalui live streaming di akun Facebook milik sang promotor, Cocky Buffalo Promotions. Tampil di partai utama adalah juara bertahan WBA Asia Super Welterweight asal Uzbekistan Khusniddin Pulatov yang menghadapi penantangnya asal Filipina Rodel Wenceslao.

Petinju pertama Indonesia yang tampil di partai pembuka adalah Sulis Barrera yang berhadapan dengan petinju tuan rumah Vietnam, Sam Minh Phat. Tampil di kelas Light Flyweight, Sulis Barrera gagal mengatasi perlawanan petinju tuan rumah yang tampil ngotot. Pertandingan sendiri dijadwalkan berlangsung selama empat ronde. Sulis Barrera yang sebetulnya bisa mengimbangi petinju tuan rumah di ronde pertama, hanya bisa bertahan hingga dua ronde. Hook kiri keras dari petinju Vietnam melesat ke rusuk kanan Sulis Barrera yang membuatnya roboh di atas kanvas. Tanpa hitungan wasit langsung memberi aba-aba dengan menyilangkan kedua tangan untuk menghentikan pertandingan. Sulis Barrera TKO ronde kedua.

Selanjutnya petinju Indonesia yang naik ring adalah Waldo Sabu, tampil selama 6 ronde di kelas Super Bantamweight Waldo ditantang petinju Uzbekistan Ravshanbek Shermatov. Sama-sama bergaya kidal kedua petinju langsung jual beli pukulan di ronde awal. Memasuki pertengahan ronde Waldo gagal mengikuti ritme pertarungan Ravshanbek yang bertarung dengan menjaga jarak dan sesekali melepaskan pukulan counter yang efektif ke arah wajah dan perut dari Waldo Sabu. Hingga akhir ronde Ravshanbek yang mendominasi jalannya pertandingan gagal untuk menjatuhakan Waldo Sabu yang tampil dengan mengandalkan fighting spirit. Petinju Uzbekistan menang 59-56, 59-55, 59-55.

Afrizal Tamboresi menjadi petinju terakhir Indonesia yang tampil di partai tambahan melawan petinju Rusia Mikhail Lesnikov. Pertandingan di kelas Super Lightweight dijadwalkan berlangsung selama 8 ronde. Mikhail Lesnikov yang unggul dari segi jangkauan dan tinggi badan langsung menekan Afrizal dengan kombinasi pukulan straight dan hook. Tak menunggu waktu lama pukulan straight kanan disusul hook kanan dari Mikhail langsung membuat Afrizal sempoyongan, diakhiri dengan uppercut kiri yang kena telak di dagu Afrizal langsung membuatnya tertidur di atas ring. Wasit memberikan sepuluh hitungan tapi Afrizal tak kunjung bangun. Pertandingan dihentikan dan wasit langsung menyuruh dokter ring untuk segera memeriksa kondisi Afrizal yang masih tergeletak di atas ring.

Mikhail Lesnikov petinju Rusia dinyatakan menang KO di ronde pertama atas petinju Indonesia Afrizal Tamboresi. (Rondeaktual.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *