Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Malang Siapkan Reuni Tinju Mengundang Walikota Batu

Mantan juara Indonesia kelas bantam, Agus Ekajaya. (Foto: Ist/dok)

Rondeaktual.com, Jakarta – Tadi malam mantan juara Indonesia kelas bantam asal Pakisaaji, Malang, Agus Ekajaya berbicara dengan Rondeaktual.com. Ada rencana mantan petinju Malang mengadakan reuni di Batu, Jawa Timur, akhir April 2019.

Malang adalah gudangnya petinju top di masa lalu. Ada Kid Hasan, Wongso Suseno, M Solikin, Thomas Americo, Joko Arter, Wongso Indrajit, Juhari, Monod, Nurhuda, Kid Samora.

“Sangat mungkin ini menjadi reuni tinju terbesar,” ujar Agus Ekajaya, Senin (4/3/2019) jelang tengah malam.

Agus Ekajaya menyebut nama mantan petinju tahun 80-an, Dolah siap tuan rumah dan akan mengundang Walikota Batu, Dewanti Eddy Rumpoko.

Tahun lalu, sejumlah mantan petinju Malang gagal mengadakan reuni tinju di rumah dinas Walikota Batu Eddy Rumpoko, sekaligus perpisahan setelah menjabat dua periode.

“Beliau dulu petinju Gajayana Malang era Kid Hasan,” Agus menjelaskan tentang sekilas siapa Dolah. “Pak Dolah sangat ingin mengadakan reuni tinju secara nasional, termasuk mengundang teman dari Jakarta.”

Reuni tinju terakhir berlangsung di Malang, 31 Desember 2018. Saat itu Dolah, seorang pengusaha kembang di daerah wisata Selecta, menyatakan siap tuan rumah. Rencana reuni di daerah Ngandat, antara Batu dan Malang.

Enam Saudara (terdiri dari 5 mantan petinju Sawunggaling Surabaya dan seorang wartawan) pertama kali mengadakan reuni tinju di Hotel Grand Park, Surabaya, Jumat, 2 Desember 1994. Ketua Umum KTI Pusat, Hendropriyono diundang namun berhalangan. Acara di hotel internasional itu dihadiri tokoh tinju seperti; Eddy Pirih, Daniel Bahari, Setiyadi Laksono, A Seng, Abu Dhori, PW Afandy, Harry Effendy, Kid Francis, M Oetojo.

Setelah Enam Saudara memulai tradisi reuni tinju, sekarang pertemuan serupa semakin sering diadakan di Malang, Surabaya, Jember, Jakarta. Ada yang dipestakan di pinggir jalan maupun di dalam rumah. Kadangkala mengundang penyanyi dangdut dan door prize. (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *