Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Sekilas Tentang Presiden AIBA Gafur Rakhimov “Lempar Handuk”

Gafur Rakhimov. (Foto: Stanislav Krasilnikov/TASS)

Rondeaktual.com, Jakarta – Gafur Rakhimov adalah seorang pengusaha di Uzbekistan. Tahun lalu pria murah senyum berusia 67 tahun (kelahiran Tashkent, 22 Juli 1951) ini maju sebagai Presiden International Boxing Assoisication (AIBA), atau Persatuan Tinju Internasional.

Rakhimov datang menggantikan dr. Wu Ching-kuo (sekarang 71 tahun), orang Taiwan, yang di masa kepengurusannya dianggap paling banyak mengeluarkan aturan baru dan itu sangat membingungkan bagi perjalanan tinju amatir.

Tak sampai satu tahun membawa AIBA untuk kemajuan dan perbaikan ekonomi termasuk memperjuangkan hak tinju tidak dihapus dari Olimpiade XXXII/2020 Tokyo, Rakhimov memilih “lempar handuk”. Ia menyerahkan kepemimpinan AIBA di Lausanne, Swiss, pada hari Jumat (22/3/2019). Keputasan itu dinggap positif untuk tinju olimpiade.

Rakhimov tidak datang tiba-tiba dan menduduki jabatan tertinggi AIBA. Ia sudah memberikan waktunya hampir 25 tahun untuk tinju, di negaranya sendiri maupun di organisasi AIBA. Ia telah melewati masa-masa indah sebagai petinju, diteruskan sebagai pelatih, dan pengurus.

Sebelum maju sebagai Presiden AIBA, Rakhimov sudah dikenal sebagai pengusaha dan administrator olahraga Uzbekistan. Dia menduduki jabatan Wakil Presiden AIBA sejak 1998.

Setelah kemerdekaan Uzbekistan pada tahun 1991, Rakhimov mendirikan beberapa perusahaan komersial, yang meliputi perdagangan bahan baku dan barang jadi. Dia juga menjadi tokoh terkemuka dalam tinju Asia Tengah, dan pada tahun 2001 dan sekali lagi pada tahun 2005 terpilih sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Nasional Uzbekistan.

Para kritikusnya mengklaim bahwa ia memiliki hubungan dengan kejahatan terorganisir, meskipun tidak ada bukti yang diberikan.

Pada tahun 2012, Departemen Keuangan AS memberikan sanksi keuangan kepada Rakhimov dan beberapa orang lainnya, dituduh sebagai bagian dari organisasi kriminal. Namun demikian, Rakhimov tidak pernah didakwa dengan kejahatan di negara mana pun. Ia telah memenangkan gugatan pencemaran nama baik di pengadilan tinggi di Inggris, Australia, dan Prancis.

Bisa jadi Rakhimov tidak akan pernah lagi berkantor di Lausanne. (rondeaktual.com / boxingscene.com/ wikipedia / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *