Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Rivo Kundimang Hentikan Petinju Filipina

Dari kiri: Pelatih Chris Rotinsulu, manajer Rina Youke, petinju Rivo Kundimang, dan pelatih Paat Powali, Sabtu, 6 April 2019. (Foto: Rondeaktual)


Rondeaktual.com, Jakarta –
Petinju kelas welter yunior Indonesia dari Navaz Boxing Camp Jakarta, Rivo Kundimang berhasil menghentikan perlawanan juara Filipina, Ryan Sarmona pada ronde ketiga dari 12 ronde yang dijadwalkan. Pertandingan dipromotori Martin Daniel dalam perebutan gelar juara IBF PAN Pacific Junior Welterweight, di Halaman Kampus ASMI, Pulomas, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

Rivo bertanding dari sudut merah, didampingi duet pelatih Chris Rotinsulu-Paat Powali. Rivo langsung menyerang dan lawan membalas dengan menyerang. Tal terelakkan kedua petinju kidal menyuguhkan partarungan “jual-beli” pukulan. Rivo tiga kali memukul lawan sampai goyah dan hampir saja mencium kanvas ring.

Pada ronde kedua, Sarmona masuk dan terjadi benturan keras. Kepalanya berdarah dan harus mendapat pemeriksaan dari dokter pertandingan. Setelah menghapus darah di bagian kepala petinju Filipina, dokter memberi isyarat untuk meneruskan pertandingan

Keputusan dokter pertandingan dianggap sangat tepat. Sebab jika dihentikan, maka keputusannya adalah technical draw. Tanpa pemenang.

Ronde ketiga, Rivo tetap tampil in-fight dan memukuli lawan dengan hook kiri dan kanan disusul upper cut maupun longhook. Rivo melepaskan 14 pukul (6 pukulan beruntun masuk tanpa balas, 4 pukulan luput, 4 pukulan tidak beruntun) membuat Ryan Sarmona hanya bisa bersandar di tali ring. Sebelum terjadi yang bisa membahayakan keselamatan petinju, wasit masuk dan menghentikan pertandingan.

Rivo langsung bersorak melompat kegirangan dan berlari ke sudut netral kemudian berdiri di tali kedua menghadap penonton.

Di atas ring, Rivo disambut manajernya, Rina Youke, promotor Martin Daniel, dan beberapa tamu kehormatan seperti promotor terkenal asal Bali, Zaenal Thayeb, ada Lineke Lolowang, Haidar Alwi, Angelica Tengker. Saking senangnya, promotor Martin Daniel mendatangi kemudian memeluk Rina Youke.

Setelah bertandingan, Rivo punya rencana dekat pulang kampung. Ia akan menemui istrinya, Widya Rayaan di Manado, Sulawesi Utara, sekaligus pencoblosan Rabu, 17 Maret 2019. (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *