Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Tes Narkoba yang Gagal Mengacaukan Pertarungan Joshua-Miller

Petinju kelas berat yang belum terkalahkan, Jarrell Miller. (Foto: Ed Mulholland)

Rondeaktual.com, New York – Seperti dilaporkan BoxingScene.com, penantang kelas berat Jarrell Miller (Amerika Serikat) ditolak izinnya untuk bertanding oleh Komisi Atletik Negara Bagian New York (NYSAC). Miller, yang belum terkalahkan dari 24 pertarungan profesionalnya, menghadapi kasus besar tes narkoba yang gagal pada hari Rabu. Hasil tersebut mengacaukan rencana pertarungannya melawan juara dunia kelas berat IBF, WBA, WBO, IBO Anthony Joshua (Inggris) di Madison Square Garden, 1 Juni 2019.

NYSAC melarang Miller bertarung di negara bagian itu menyusul berita tentang kasus doping positifnya.

“Komisi Atletik Negara Bagian New York telah membantah aplikasi lisensi tinju profesional Jarrell Miller untuk pelanggaran yang berkaitan dengan penggunaan zat terlarang. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut saat ini,” kata komisi itu.

Miller dan Joshua telah melewati promosi besar-besaran. Namun pada hari Selasa, Miller dinyatakan positif menggunakan zat terlarang setelah tes yang dilakukan oleh Voluntary Anti-Doping Association (VADA), 20 Maret 2019.

“Kami telah diberitahu oleh VADA bahwa ada temuan yang merugikan dalam sampel Jarrell Miller yang dikumpulkan pada 20 Maret 2019,” Eddie Hearn, promotor Joshua, tweet.

Miller pernah menjalani larangan tidak boleh naik ring sembilan bulan dari California State Athletic Commission, setelah dites positif menggunakan methylhexaneamine pada tahun 2014.

Selama tur promosi, Miller mengungkapkan bahwa kedua petinju telah menyetujui antara 10 dan 12 minggu pengujian narkoba dalam persiapan untuk pertarungan.

ESPN melaporkan bahwa Joshua masih berencana untuk melakukan debutnya di AS, seperti yang direncanakan pada bulan Juni untuk mempertahankan gelarnya yang ketujuh.

CARI LAWAN PENGGANTI
Promotor Hearn mengatakan dia sedang bekerja keras untuk menemukan lawan alternatif. “Saya sedang mencari lawan baru,” kata Hearn. “Secara harfiah siapa pun bisa mendapatkannya. Ada beberapa nama yang akan menarik bagi mitra kami – DAZN, Sky Sports dan Madison Square Garden – lebih dari yang lain dan itu adalah tugas kami untuk mendapatkan yang paling menarik. Saya sudah bicara dengan 16 petinju kelas berat dalam 24 jam terakhir, 10 di antaranya tidak cocok.”

FREDDIE ROACH SANGAT MARAH
Pelatih Hall of Fame Freddie Roach sangat marah setelah mendengar berita bahwa Miller gagal dalam tes narkoba menjelang pertarungannya melawan Joshua.

Temuan itu menyebabkan Miller kehilangan bayaraan $ 6 juta dengan Joshua, yang dijadwalkan 1 Juni di New York.

Kubu Miller telah meminta sampel B untuk diuji, BBC melaporkan, dan jika sampel itu kembali negatif – yang sangat jarang – Miller dapat mengajukan permohonan lisensi lagi.

Miller terbukti positif menggunakan zat terlarang GW1516, yang meningkatkan daya tahan dan membantu atlet membakar lemak.

Pada bulan Februari, Miller menuduh Joshua menggunakan Therapeutic Use Exemptions (TUEs) untuk mengambil testosteron yang membantunya membangun otot, sebuah tuduhan yang dibantah oleh kubu Joshua.

Roach percaya masalah menggunakan obat peningkat kinerja dapat diselesaikan jika larangan seumur hidup diberlakukan, bahkan untuk pelanggar pertama kali.

“Kamu tahu, denda itu tidak cukup kuat. Mari kita hadapi itu, mereka akan mengulang melakukan narkoba karena denda itu sangat ringan. Buat denda yang dilarang seumur hidup dan tidak akan ada yang menggunakan narkoba,” Roach menjelaskan kepada BoxingScene.com.

“Ketika Anda menggunakan narkoba untuk meningkatkan apa yang Anda miliki, itu benar-benar berbahaya. Maksudku, itu seharusnya tidak terjadi di dunia ini tapi itu dunia tempat kita hidup sekarang. Hilangkan semuanya, Jika ketahuan kamu dilarang seumur hidup.” (rondeaktual.com / fightnews.com / boxingscene.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *