Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Promotor Hearn: PED Jauh Leih Buruk di Pasar Tinju AS

Promotor Eddie Hearn. (Foto: Ed Mulholland)


Rondeaktual.com, California –
Promotor veteran Eddie Hearn percaya pasar Amerika Serikat memiliki krisis PED [peningkatan kinerja obat] yang jauh lebih besar dibandingkan dengan di Inggris, setidaknya dalam hal tinju.

Hearn terpesona oleh apa yang terjadi baru-baru ini dengan petinju kelas berat Jarrell Miller, yang dijadwalkan menghadapi juara dunia kelas berat Anthony Joshua di Madison Square Garden di New York City, 1 Juni. Pertandingan dibatalkan, setelah Miller gagal tes obat-obatan terlarang seperti EPO, HGH dan GW1516.

Di Inggris, British Boxing Board of Control selalu menguji secara acak petinju melalui UKAD [UK Anti-Doping]. Hearn menjelaskan bahwa tidak ada sistem serupa di Amerika Serikat, dan bahkan ada petinju yang terdaftar dalam program Clean Boxing WBC yang tidak diuji secara teratur, dan beberapa tidak diuji sama sekali.

“Semakin banyak waktu yang saya habiskan di sekitar tinju Amerika, saya merasa masalahnya jauh lebih buruk di sini daripada di Inggris,” kata Hearn kepada BoxingScene.com. “Hanya karena British Boxing Board of Control memiliki pengujian acak UKAD untuk petarung, Anda sama sekali tidak memiliki tes di sini. Pengujian WBC, mereka melakukan pekerjaan yang baik, tetapi mereka tidak dapat diuji sepanjang waktu.”

Hearn memiliki petinju yang telah menandatangani kontrak dan mendaftar untuk pengujian WBC. “Mereka belum pernah diuji. Ada petinju di sini yang tidak pernah diuji sampai malam pertarungan. Itu hanya membuka pintu, tidak ada takut tertangkap. Dengan apa yang dipertaruhkan dalam olahraga ini sekarang, orang-orang ini akan berbuat curang untuk mendapatkan keunggulan untuk menang.”

“Saya pikir ada banyak juara di luar sana [yang curang], dan itu harus berubah. Saya tidak tahu apakah itu promotor, saya tidak tahu apakah itu komisi, saya tidak tahu apakah itu badan yang mengatur, tetapi seseorang harus melakukan sesuatu untuk memastikan bahwa setidaknya pertarungan gelar sedang diuji.”

“Sesuatu akan terjadi, seseorang akan mati, seseorang akan terluka seumur hidup, seseorang akan lumpuh oleh penipu, apa yang terjadi kemudian? Apakah itu pembunuhan? Dan itu bisa saja terjadi pada 1 Juni.” (rondeaktual.com / boxingscene.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *