Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Petinju Kelas Berat Bert Cooper Meninggal Dunia

Petinju kelas berat AS, Bert Cooper.

Rondeaktual.com – Mantan petinju kelas berat dunia Bert Cooper (Amerika Serikat, 53 tahun) meninggal Jumat setelah bertarung melawan kanker pankreas.

Cooper seharusnya sudah juara dunia WBA, WBC, IBF, kelas berat jika wasit tidak berpihak dan mengulur waktu ketika sang juara Evander Holyfield hanya mampu bersandar di tali ring.

Cooper yang gagah dan kuat menjadikan dirinya terkenal di divisi kelas berat pada awal 1990-an. Cooper kalah dari Riddick Bowe, George Foreman, Ray Mercer, dan Michael Moorer.

Cooper, yang berjuang keluar dari Philadelphia dan dilatih oleh Joe Frazier di awal karirnya, paling dikenal karena pertarungannya yang menghibur, maju-mundur dengan Holyfield di Atlanta, 23 November 1991.

Cooper dan Holyfield bertukar pukulan sebelum wasit Mills Lane menghentikan pertarungan pada ronde ketujuh.

Cooper pernah menjatuhkan Moorer dua kali. Moorer juga membuat Cooper dua kali mencium kanvas kemudian menang KO ronde kelima.

Cooper kemudian kalah dari sederetan prospek kelas berat dan pesaing selama 10 tahun berikutnya. Dia tidak bertinju sejak September 2002 sampai, pada usia 44, dia kembali pada Juni 2010.

Cooper secara jujur tentang perjuangannya dengan kecanduan narkoba begitu ia meluncurkan comeback-nya. Dia juga menghabiskan banyak waktu bekerja dengan pemuda Philadelphia.

Akhirnya, ia kalah dalam tiga pertarungan berturut-turut, termasuk TKO ronde kedua dari Luis Ortiz, sebelum ia pensiun untuk selamanya setelah kalah TKO pada ronde kedua dari Carl Davis pada September 2012.

Cooper menyelesaikan karirnya selama 28 tahun dengan rekor menang-kalah 38-25, termasuk 31 KO dan satu no contest. (finon / boxingscene.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *