Ronde Aktual

Tinju itu Indah

10 Korban Wilder, Termasuk Fury Tiga Kali Knockdown

Deontay Wilder, setelah menghentikan Dominic Breazeale hanya dalam 2 menit dan 17 detik. (Foto: Amanda Westcott).

Coretan Finon Manullang – Deontay Wilder adalah petinju kelas berat Amerika Serikat berusia 33 tahun. Wilder, dua hari yang lalu, mencatat prestasi sembilan kali mempertahankan gelar juara dunia WBC kelas berat.

Itu terjadi hanya dalam 2 menit dan 17 detik, setelah Wilder melepaskan pukulan kanan (straight) menjatuhkan penantang wajib Dominic Breazeale (Amerika Serikat) di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Sabtu, 18 Mei 2019.

Sepanjang karirnya Wilder belum terkalahkan dengan rekor menang-kalah-imbang 41-0-1 (40 KO).

Wilder telah 10 kali memenangkan kejuaraan dunia WBC kelas berat dan sembilan kali mempertahankannya. Berikut 10 korban Wilder dalam kejuaraan dunia, termasuk Tyson Fury sampai tiga kali mengalami knockdown. Dikutip dari berbagai sumber.

1. BERMANE STIVERNE
Wilder merebut gelar juara dunia WBC kelas berat dari tangan juara Bermane Stiverne (Kanada). Berlangsung 12 ronde di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 17 Januari 2015.

Setelah pertarungan, Wilder mendedikasikan kemenangannya untuk putrinya yang cacat dan kepada Muhammad Ali, yang berusia 73 tahun pada hari yang sama.

2. ERIC MOLINA
Wilder mempertahankan gelarnya yang pertama, menang KO ronde 9 atas Eric Molina (Amerika Serikat) di tanah kelahirannya di Alabama, 13 Juni 2015. Eric gagal menjadi petinju Meksiko-Amerika pertama merebut gerlar juara dunia kelas berat.

Wilder sekali menjatuhkan Molina pada ronde empat, dua kali pada ronde lima, dan sekali pada ronde sembilan, dan habis.

3. JOHANN DUHAUPAS
Wilder mempertahankan gelarnya yang kedua melalui TKO ronde 11 atas Johnn Duhaupas (Prancis), di Legacy Arena, Birmingham, Alabama, 26 September 2015.

Disaksikan 8.471 penonton di kota kelahirannya, Wilder membuat Duhaupas babak belur dan berdarah. Pertarungan tidak berimbang dan Wilder menang 10-9 di setiap ronde di tiga hakim. Wilder mendapat penghasilan $ 1,4 juta dan Duhaupas $ 140.000.

4. ARTUR SZPILKA
Wilder mempertahankan gelarnya yang ketiga melalui TKO ronde 9 atas southpaw Artur Szpilka (Polandia) di Barclays Center, Brooklyn, New York City, New York, Amerika Serikat, 16 Januari 2016.

Penonton 12.668, sebagian besar pro-Polandia, sempat bersemangat melihat Szpilka sangat kuat di ronde permulaan. Wilder terus menyerang dan banyak mendaratkan pukulan di bagian kepala membuat Szpilka tiba-tiba jatuh mengerikan.

Dokter pertandingan, tandu, dan perawat, segera berada di dalam ring. Tak lama Szpilka sadar kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Setelah dirawat selama beberapa jam dan didampingi istri tercinta, Szpilka diperbolehkan pulang.

5. CHRIS ARREOLA
Wilder mempertahankan gelarnya yang keempat setelah menghentikan perlawanan Chris Arreola (Amerika Serikat) pada ronde 8 di Legacy Arena, 16 Juli 2016.

Disaksikan 11.974 penonton di Alamaba, Wilder menguasai jalannya seluruh ronde dan melukai wajah. Mata kiri Arreola nyaris tertutup.

Setelah delapan ronde, tim Arreola memberi tahu kepada wasit untuk menghentikan pertandingan. Nilai yang ada pada tiga hakim adalah; 80-71, 80-71, 79-72.

6. GERALD WASHINGTON
Wilder mempertahankan gelarnya yang lima melalui TKO ronde kelima atas Gerald Washington (Amerika Serikat), disaksikan 12.346 penonton di Alabama, 25 Februari 2017.

Tidak banyak yang tahu siapa Washington, yang sudah berusia 35 tahun. Wilder menjatuhkan penantang tak terkenal ini dengan tangan besarnya. Washington kemudian pulih. Wilder mendaratkan straight ke bagian kepala dan itu sangat berbahaya. Wasit Michael Griffin menghentikan pertandingan pada ronde 5 yang sudah berjalan 1 menit dan 45 detik.

7. BERMANE STIVERNE
Wilder mempertahankan gelarnya yang keenam, setelah mengalahkan lawan sebelumnya Bermane Steverne (Kanada) di Barclays Center, 4 November 2017.

Wilder hanya memerlukan 2 menit dan 59 detik untuk melenyapkan perlawanan Stiverne. Wilder menjatuhkan Stiverne tiga kali sebelum wasit Arthur Mercante menghentikan kontes; 2:59.

8. LUIS ORTIZ
Wilder mempertahankan gelarnya yang ketujuh, menjatuhkan raksasa kelas berat Kuba, Luis Ortiz pada ronde 10 yang sudah berjalan 2 menit dan 5 detik, di Barclays Center, 3 Maret 2018.

Pada ronde 5, Wilder menjatuhkan Ortiz. Pada ronde 7 dalam pertarungan paling brutal, Ortiz nyaris menjadi juara dunia ketika serangan kidalnya menggoyahkan Wilder. Namun Wilder tak bisa dijatuhkan dan kuat melawan hingga bel berbunyi.

Pada ronde 10, Wilder bangkit dan kembali menjatuhkan Ortiz di hadapan 14.069 penonton. Ortiz kelihatan sangat lelah dan jatuh kena pukul berat di bagian kepala. Straight kanan adalah senjata ampuh Wilder. Wasit David Fields yakin bahwa Ortiz sudah tidak bisa menjaga dirinya dan harus menghentikan pertandingan. Itu yang terbaik.

Wilder menerima $ 2,1 juta, bayaran tertinggi sepanjang karirnya. Ortiz menerima $ 500.000.

9. TYSON FURY
Wilder mempertahankan gelarnya yang kedelapan, setelah bertarung imbang 12 ronde yang sangat mendebarkan di hadapan lebih 17 ribu penonton melawan Tyson Fury (Inggris), di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, 1 Desember 2018.

Wilder memang tidak mengalahkan Fury. Tetapi, tangan panjang Wilder tiga kali menjatuhkan Fury; sekali pada ronde sembilan dan dua kali pada ronde terakhir, ronde 12. Itu knockdown yang luar biasa.

Hakim Alejandro Rochin (Meksiko) menilai 115-111 untuk Wilder. Hakim Robert Tapper (Kanada) menilai 114-112 untuk Fury. Hakim Phil Edwards (Inggris) 113-113. Tidak ada pemenang.

Wilder memperoleh bayaran terbesar $ 14 juta dan Fury $ 10 juta.

10. DOMINIC BREAZEALE
Wilder mempertahankan gelarnya yang kesembilan melalui KO ronde pertama atas penantang wajib Dominic Breazeale (Amerika Serikat), yang berlangsung di Barclays Center, New York City, 18 Mei 2019.

Setelah wasit memerintahkan “box”, Wilder mendorong jab kiri dua jengkal sebagai umpan untuk membuka pertahanan lawan kemudian melepaskan straight dan langsung menjatuhkan Breazeale. Wasit menghitung dan menyelesaikan pertandingan kemudian menahan tubuh Breazeala dan bersandar di tali ring agar tidak ambruk.

Diselamatkan wasit dari kemungkinan lebih buruk, Breazeale menuding wasit terlalu cepat menghentikan pertandingan.

MENUNGGU BAYARAN $ 50 JUTA
Harga pertarungan Wilder berikutnya bisa mencapai $ 50 juta atau bahkan lebih. Ada dua nama besar yang menjadi target; Anthony Joshua atau tanding ulang melawan Tyson Fury. Kemungkinan lain pertarungan ulang dengan Luis Ortiz, namun sulit untuk mencapai $ 50 juta.

Wilder-Joshua batal karena bayaran dan tempat. Wilder menginginkan Joshua datang ke Amerika. Sebaliknya Joshua hanya ingin bertanding di Wembley Stadium, London, yang konon bisa menghasilkan 95 ribu penonton.

Uang akan menentukan. Wilder-Joshua di Amerika atau Wilder-Fury di Amerika. Bukan di Inggris.

Finon Manullang, Senin, 20 Mei 2019, menulis dari Desa Tridaya, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *