Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Ruiz Membuat Sejarah Besar Empat Kali Menjatuhkan Joshua

Andy Ruiz, usai timbang badan sehari sebelum menjatuhkan juara dunia kelas berat Anthony Joshua. (Foto: Ed Mulholland)

Rondeaktual.com, Jakarta – Petinju Amerika-Meksiko Andy Ruiz, 29 tahun, berhasil memenuhi janjinya menjadi petinju Meksiko pertama yang berhasil merebut gelar juara dunia kelas berat. Ruiz menang TKO ronde ketujuh atas Anthony Joshua (Inggris), yang berlangsung di Madison Square Garden, New York City, New York, Amerika Serikat, Sabtu (1/6/2019).

Pertarungan ditayangkan langsung di tvOne, Minggu (2/6/2019) pagi.

Ruiz yang bertubuh gempal berkali-kali menjatuhkan juara dunia Anthony Joshua. Pada ronde 3, Ruiz lebih dulu jatuh dan bangkit menjatuhkan Joshua sampai dua kali. Pada ronde 7, Ruiz dua kali menjatuhkan Joshua. Itu sangat luar biasa. Ruiz melepaskan 12 pukulan kiri dan kanan menjatuh Joshua. Usai mendapat hitungan Joshua pergi ke sudut biru dan bersandar dengan kedua tangan memegang tali ring.

Melihat situasi yang tidak memungkinkan, wasit harus melambai ketika Joshua masih berdiri di sudut dan seolah bertanya apa yang terjadi.

Ruiz, underdog yang mempersiapkan diri tak lebih dari lima minggu sebagai lawan pengganti Jarrell Miller yang kena kasus obat terlarang, menyudahi keperkasaan Joshua. Ruiz menang TKO pada ronde ketujuh dan menjadi juara dunia kelas berat IBF, WBA Super, IBO, WBO.

Ruiz kini mencatat rekor menang-kalah 33-1 (22 menang KO). Rekor Joshua 22-1. Ini kekalahan pertama bagi Joshua. (finon manullang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *