Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Fres Oquendo Terus Berjuang untuk Mendapatkan Uang Kompensasi

Petinju kelas berat Fres Oquendo, 46 tahun. (Foto milik Fres Oquendo)

Rondeaktual.com, Chicago – Petinju kelas berat Puerto Rico, Fres Oquendo, 46 tahun, terus berjuang selama bertahun-tahun di pengadilan untuk mendapatkan haknya. Uang kompensasi sangat diharapkan.

Oquendo dijadwalkan menghadapi juara reguler WBA Manuel Charr pada 29 September lalu di Cologne, Jerman. Namun, Charr terbukti positif menggunakan dua zat terlarang dan pertarungan dibatalkan, hanya beberapa jam sebelum dimulai.

Charr, kelahiran Beirut, Lebanon, 35 tahun silam, mendapat skorsing enam bulan oleh WBA, namun gelarnya tidak dicopot. Sampai sekarang Charr masih juara WBA reguler. Padahal dia hampir dua tahun tidak pernah bertanding, sejak merebut gelar lowong menang angka 12 ronde atas Alexander Usnitov

Ketika Charr-Oquendo dibatalkan, situasi menjadi rumit. Bayaran Oquendo ditahan di escrow. Menurut Oquendo, ketika pertarungan dibatalkan dan tidak dijadwal ulang, ia seharusnya dibayar karena kontrak pertarungan menetapkan bahwa ia akan diberi kompensasi jika Charr dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Sejauh ini, Oquendo kelahiran San Juan menetap di Chicago, tidak dapatkan bayarannya. Dia telah mengajukan gugatan untuk mendapatkan uangnya. Setelah baru-baru ini memenangkan pertempuran atas negara yurisdiksi, kasus ini akan diajukan ke pengadilan di AS dengan kemungkinan tanggal pengadilan Agustus.

Pada bulan Januari, WBA memotong penangguhan dan memerintahkan Charr untuk mempertahankan gelar melawan Oquendo dalam waktu 60 hari. Namun, Oquendo dan promotor Charr mengalami jalan buntu. Tidak ada kesepakatan.

“Mereka tidak ingin menegosiasikan harga untuk pertarungan April dengan Charr karena mereka ingin membayar saya dengan uang yang ada di escrow tetapi saya memastikan itu tidak terjadi,” jelas Oquendo.

Ketika pertarungan Charr-Oquendo tidak terlaksana, WBA kemudian memerintahkan Charr untuk menghadapi juara sementara Trevor Bryan.

Oquendo telah kehilangan lima tahun karir tinju dan dia ingin seluruh masalah terselesaikan. Oquendo tidak pernah naik ring sejak kalah angka 12 ronde gelar lowong WBA reguler melawan Ruslan Chagaev, lima tahun yang silam.

“Saya ingin dana escrow $ 325.000 saya dan dinyatakan sebagai juara karena penggunaan narkoba yang menyebabkan saya dan karir tinju saya mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki,” katanya.

Oquendo mengatakan dia layak untuk memperjuangkan gelar jika diminta untuk melakukannya, setelah baru-baru ini lulus ujian fisik yang dikelola oleh Komisi Tinju Illinois yang menyatakan bahwa dia “dalam kondisi fisik yang baik dan secara medis dinyatakan bebas untuk dilisensikan sebagai pesaing di tinju profesional.” Berat badannya 243,4 pound.

Ketika ditanya apakah berbicara dengan pers dapat membahayakan kasusnya, Fres mengatakan kepada Fightnews.com: “Pengacara saya mengatakan bahwa masyarakat perlu tahu tentang ketidakadilan dalam industri tinju.” (finon / fightnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *