Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Isack Letidena Menuntut Sisa Bayaran di Arab Saudi, Rosa Bilang Sudah Selesai

Isack Letidena (kiri) dan Rosa Kusuma. (Foto: Finon / FB / dok)

Rondeaktual.com, Jakarta – Mantan juara Indonesia dan WBO Asia Isack Letidena meminta agen tinju asal Indonesia, Rosa Kusuma Pelitasari untuk segera menyelesaikan bayaran pertandingan yang batal di Jeddah, Arab Saudi, 12 Juli 2019, dalam partai Amir Khan.

Seperti diberitakan Rondeaktual.com, Isack dan Rosa Kusuma dua pekan di Jeddah. Rosa mengurus Isack untuk pertandingan 6 ronde melawan petinju Filipina, Lolito Sonsona, yang dijadwalkan di King Adullah Sports City Stadium, Jeddah, Arab Saudi, 12 Juli 2019. Saat timbang badan, atau sehari menjelang pertandingan, partai Isack-Sonsona dicoret.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi,” kata Isack di Jakarta, Senin (5/8/2019), dalam suasana listrik padam di mana-mana. “Saya telah menerima uang kompensasi 1.500 dolar AS, kurang 300 dolar lagi. Rosa janji mau bayar. Dia janji-janji terus. Sampai sekarang nol. Saya sudah siapkan pengacara. Jangan sampai uang segini dia malu.”

Menurut Isack, ia menandatangani kontrak bernilai USD 4.000 untuk 6 ronde super featherweight. Pembayaran melalui bank atas nama Rosa Kusuma Pelitasari.

“Kontrak empat ribu tidak jadi. Katanya dipotong untuk bayar pajak dan karena pelatih saya (Albert Elisiur) gagal urus visa dan tidak bisa datang ke Arab Saudi. Sebetulnya saya kurang mengerti soal itu. Saya tahunya bertanding.”

Isack mengakui telah Akhirnya 4.000 riyal. “Setelah saya tukar hanya dapat seribu USA. Rosa janji mau tambah uang pribadinya 800 dolar. Sudah dibayar 500 dan masih kurang 300. Itu yang saya minta,” kata Isack.

Isack berkali-kali menyatakan bahwa persoalan di Arab Saudi jangan dibenakan kepada dirinya. “Saya punya pekerjaan. Punya keluarga. Saya disuruh datang jauh lebih awal dan saya harus meninggalkan pekerjaan. Sampai di sana dibatalkan. Saya kira saya harus mendapat hak penuh. Saya salah kalau saya tidak datang.”

PENJELASAN ROSA KUSUMA

Supaya berimbang, Rondeaktual.com menghubungi Rosa Kusuma Pelitasari, mantan staf sekretariat Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) Pusat dan staf Tourino Tidar Promotion.

“Mohon maaf sebelumnya, saya harus menjelaskan yang sebenarnya,” kata Rosa Kusuma, Senin (5/8/2019) malam. “Partai Isack dibatalkan oleh panitia. Tetapi, bukan hanya Isack, ada dua partai batal (salah satunya Carlos Lopez, yang saat ini berada di Kupang). Mereka tidak kasih alasan. Promotor hanya bayar fee pembatalan pertandingan 4.000 riyal ($ 1.070 USD) murni diterima Isack. Saya tidak terima apapun. Isack ngotot minta saya untuk bayar dan saya bilang saya akan usahakan semampu saya. Saya tambah uang pribadi saya 500 USD cash. Dia nuntut minta sesuai kontrak1.800 USD.”

Rosa menyebut Isack sudah membuat masalah di Arab Saudi. “Sekarang saya mendapat kabar bahwa beberapa petinju belum menerima semua bayarannya, termasuk Amir Khan. Jadi tidak ada kewajiban saya untuk membayar lebih ke Isack. Total Isack terima 1070 USD dari promotor dan 500 USD dari saya. Saya anggap soal bayaran Isack sudah selesai. Terima kasih.” (finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *