Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Sebut Larry Siwu, Teringat Larry Holmes

Larry Siwu di Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019. (Foto: Finon Manullang)

Rondeaktual.com, Jakarta – Larry Siwu, 38 tahun, dan mantan juara dunia kelas berat Larry Holmes, 69 tahun, tidak ada hubungan darah. Tetapi, setiap menyebut Larry Siwu, seseorang langsung teringat mantan juara dunia kelas berat Larry Holmes. Sama-sama bernama depan Larry.

Itu terjadi usai latihan bersama di Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 8 Agustus 2019. Larry Siwu menyebut namanya saat bertukar nomor ponsel dengan seorang pelatih. Seorang pria di sebelahnya langsung menyebut Larry Holmes.

Larry Siwu adalah mantan juara Indonesia dan mantan juara WBO Asia kelas welter. Sampai sekarang Larry Siwu masih dianggap sebagai petinju kelas welter terbaik Indonesia.

Sementara, Larry Holmes adalah petinju kelas berat Amerika Serikat, yang pernah memaksa Muhammad Ali menyerah pada ronde 10. Ali menolak meneruskan ronde 11, yang terjadi di Las Vegas, 2 Oktober 1980.

Larry Siwu, dari Mirah Boxing Camp Bali, sekarang berlatih di Jakarta untuk menghadapi pertandingan kejuaraan Indonesia kelas welter 12 ronde melawan Edi Comaro dari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pertarungan gelar lowong akan berlangsung di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Tidak banyak yang disampaikannya tentang Edi Comaro, mungkin karena sama-sama sudah veteran. “Saya dapat lawan petinju tua (Edi Comaro),” kata Larry Siwu. “Saya juga sudah tua. Tadinya saya ingin menghadapi petinju yang lebih muda. Sayang tidak ada yang mau.”

Larry Siwu sudah bertinju selama hampir 20 tahun, termasuk karir amatirnya selama setahun. Jab-straight Larry Siwu cepat dan keras sehingga membuatnya cepat terkenal di era tinju masuk televisi.

“Saya masih ingin mempertahankan reputasi sebagai petinju kelas welter terbaik Indonesia. Itu akan saya jaga. Saya akan bertanding dengan maksimal saat menghadapi Edi Comaro, termasuk juga petinju Indonesia yang lain.”

Diakui sebagai yang terbaik di kelas welter, Larry Siwu pernah mencoba naik ke kelas welter super dan gagal memenangkan pertandingan gelar di Singapura, Cina, dan Australia. (finon manullang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *