Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Sumut Mundur Tuan Rumah STE, Gorontalo Musprov 3 Oktober

Saidal Mursalin. (Foto: Finon Manullang)

Rondeaktual.com, Jakarta – Salah satu langganan tuan rumah Sarung Tinju Emas (STE), Sumatera Utara (Sumut) menyatakan mundur.

“(Sumut) sudah berkirim surat (kepada PP Pertina) menyatakan mundur sebagai tuan rumah STE,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Pertina, Saidal Mursalin dalam Rapat Pleno di Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019) malam.

Saidal tidak menjelaskan apa alasan Sumut menarik dari dari penyelenggaraan STE, yang sudah dijadwalkan Desember 2019. Namun, beberapa peserta rapat pleno terkejut seolah tidak percaya. Saat Kejurnas Junior & Youth di Deli Serdang, Sumatera Utara, telah diumumkan bahwa Sumut akan menjadi tuan rumah STE.

MUKERNAS DI KABUPATEN BOGOR
Rapat tidak membahas siapa pengganti Sumut. Namun persoalan ini akan dibawa ke Musyawarah Kerja Nasional Pertina yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bogor, 30 Oktober 2019, atau sehari menjelang final Pra PON bagian kedua Wilayah Tengah dan Wilayah Timur.

Ketua Hartian Pengprov Pertina Jawa Barat, Wolter Rumsory, yang ikut hadir menyanggupi sebagai tuan rumah Mukernas Pertina.

RAPAT PLENO 12 ORANG
Rapat Pleno hanya diikuti 12 orang. Sementara, pengurus harian PP Pertina 2016-2020 mencapai 85 personil. Berikut daftar hadir (berdasarkan abjab):

1. Ditian Corrisa, Wakil Sekretaris Jenderal.
2. Dodi Asadoma, Binpres & Pemassalan Atlet.
3. Ferry Manafe, Wakil Bendahara.
4. Haryoto, Wakil Sekretaris Jenderal.
5. Hengky Silatang, Wakil Ketua Umum.
6. Muas, Wakil Ketua Umum.
7. Saidal Mursalin, Sekretaris Jenderal.
8. Ucok Sitompul, Teknik Kepelatihan.
9. Widjanarso, Kesehatan.
10. Wolter Rumsory, Binpres & Pemassalan Atlet.
11. Yendri Naskar, Usaha dan Dana.

GORONTALO MUSPROV 3 OKTOBER
Dalam pertemuan Senin malam, dibahas 8 Pengprov yang sudah ditangani oleh PP Pertina.

Wakil Ketua Umum Muas menyampaikan, Pengprov Pertina Banten telah dilantik. Jawa Timur belum. Sulawesi Tenggara sudah berhasil. Lampung sudah. Aceh dan Maluku menunggu pelantikan. Sulawesi Barat mentok. Gorontalo, yang sempat bermasalah, sudah memastikan akan menggelar Musprov 3 Oktober. Sedangkan Pra PON Wilayah Tengah dan Wilayah Timur bagian pertama di Ternate, Maluku Utara, akan berlangsung 20-26 September.

Gorontalo harus segela membentuk Pengkot dan Pengkab, agar bisa menggelar Musprov.

Tahun lalu Gorontalo telah menggelar Musprov dan mengantar tokoh tinju setempat, Muin Sakali sebagai ketua. Namun ditolak karena tidak mengundang PP Pertina.

Harus dihadiri PP Pertina adalah salah satu persyaratan Musprov yang tidak bisa dilanggar.

Sementara, Kalimantan Utara dianggap sudah tidak ada. Pengprov, Pengkot, dan Pengkab, sudah tidak berfungsi.

PP Pertina akan menerbitkan surat untuk menyelamatkan petinju Kalimantan Utara agar bisa mengikuti pertandingan Pra PON Wilayah Tengah dan Wilayah Timur di Ternate.

Sangat disayangkan organisasi setua Pertina (62 tahun) tidak bisa menghidupkan Bidang Organisasi dan Daerah. (finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *