Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Canelo Nekad Naik Dua Kelas untuk Menghadapi Kovalev

Bintang tinju Meksiko, Saul Canelo Alvarez. (Foto: Dok/Ed Mulholland)

Rondeaktual.com – Bintang tinju Meksiko dan sekarang juara dunia WBA Super dan juara dunia WBC kelas menengah, Saul “Canelo” Alvarez nekad naik dua kelas untuk menghadapi juara dunia WBO tiga kali kelas berat ringan asal Rusia, Sergey Kovalev.

Canelo, 29 tahun dengan rekor menang-kalah-draw 52-1-2, 35 KO, adalah yang pertama mengumumkan jadwal pertarungan 12 ronde di MGM Grand, Las Vegas, 2 November 2019, dalam sebuah posting singkat di Twitter. Layanan streaming online DAZN juga mengkonfirmasi pertarungan. Kovalev yang berusia 36 tahun mencatat rekor 34-3-1, 28 KO.

Canelo belum pernah bertarung di kelas berat ringan 79.379 kilogram, tetapi ia bertarung di kelas menengah super 76.204 kilogram pada bulan Desember, ketika ia mengalahkan juara dunia WBA asal Inggris, Rocky Fielding.

Canelo turun kembali ke kelas menengah 72.575 kilogram Mei lalu untuk memenangkan keputusan 12 ronde atas juara dunia IBF asal Amerika Serikat, Daniel Jacobs, dalam pertarungan unifikasi.

Sementara, Canelo dicopot dari sabuk IBF, setelah menolak untuk menerima pertarungan melawan penantang wajib, Sergey Derevyanchenko. Sampai sekarang belum ada keterangan resmi, apakah gelar dunia kelas menengah Canelo dihapus, setelah masuk kelas berat ringan.

Dalam komentarnya kepada BoxingScene pada hari Jumat, Alvarez mengatakan dia menikmati tantangan menghadapi Kovalev yang lebih besar secara alami. Kovalev mempertahankan gelarnya dengan KO ronde 11 petinju Inggris, Anthony Yarde bulan lalu dalam pertarungan yang diadakan di Rusia.

“Fase kedua dalam karir saya berlanjut seperti yang kami rencanakan, dan itulah sebabnya kami terus berjuang keras untuk masuk ke dalam buku-buku sejarah tinju,” kata Canelo. “Itu juga mengapa saya memutuskan untuk melompat dua kelas melawan salah satu juara paling ditakuti dalam beberapa tahun terakhir.”

“Kovalev adalah peninju yang berbahaya, dan tentu saja dia pria yang lebih besar, tapi itulah tantangan dan risiko yang ingin kuhadapi.”

“Untuk menjadi yang terbaik, Anda harus mengalahkan yang terbaik,” komentar Kovalev. “Saya selalu berusaha melawan lawan terberat di kelas saya, tetapi banyak yang merunduk. Canelo ingin melawanku dan naik ke berat yang lebih tinggi. Saya siap untuk 2 November.”

LA HOYA: PERTARUNGAN BERSEJARAH

“Kami berjanji untuk membuat pertarungan ini terjadi, dan sekarang kami memberikannya,” kata Oscar De La Hoya, bos CEO Golden Boy Promotions. “Pertarungan bersejarah telah menjadi ciri khas perusahaan ini, dan kami senang sekali lagi memenuhi harapan tinggi yang telah kami tetapkan untuk para penggemar kami.”

Tiket untuk Canelo vs Kovalev diberi harga $ 1.754, $ 1.254, $ 854, $ 654, $ 404 dan $ 204, dan mulai dijual ke publik pada hari Rabu, 18 September. (finon / boxingscene.com / fightnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *