Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Siapa Juara Dunia Kelas Berat yang Berkuasa?

Juara dunia WBA Super, IBF, IBO, WBO, Andy Ruiz. (Foto: Ed Mulholland)

Rondeaktual.com – Ingin tahu siapa saja juara dunia kelas berat yang berkuasa sekarang? Berikut nama dan data singkat mereka.

ANDY RUIZ JR – Inilah pria yang menyandang empat sabuk juara dunia kelas berat sekaligus; IBF, IBO, WBA Super, WBO.

Andy Ruiz Jr. bernama Andres Ponce Ruiz Jr., adalah Amerika keturunan Meksiko. Ruiz lahir di Imperial Valley, California, 11 September 1989, Sekarang berusia 30 tahun.

Ruiz merebut gelarnya di Madison Square Garden, Brooklyn, New York City, New York, Amerika Serikat, 1 Juni 2019, menang TKO ronde 7 atas juara Anthony Joshua (Inggris). Ruiz empat kali menjatuhkan Joshua, dua kali pada ronde tiga dan dua kali pada ronde tujuh kemudian habis. Semua orang dibuat takjub.

Ruiz akan mempertahankan gelarnya yang pertama dalam pertandingan ulang langsung melawan Joshua di Diriyah, Arab Saudi, 7 Desember 2019.

Rekor Ruiz menang-kalah 33-1-0, 22 KO. Rekor Joshua 22-1-0, 21 KO.

DEONTAY WILDER – Wilder adalah pemegang sabuk juara dunia WBC kelas berat yang belum terkalahkan. Wilder lahir di Tuscaloosa, Alabama, Amerika Serikat, 22 Oktober 1985, bernama Deontay Leshun Wilder.

Petinju berusia 34 tahun ini mencatat rekor 10 kali mempertahankan gelar. Wilder terakhir mempertahankan gelarnya di Las Vegas, 23 November 2019, menang KO ronde 7 atas Luis Ortiz (Kuba). Di pertandingan pertama, 3 Maret 2018, Wilder menjatuhkan Ortiz pada ronde 10.

Wilder dijadwalkan mempertahankan gelarnya dalam pertandingan ulang melawan Tyson Fury (Inggris) pada 22 Februari 2020. Pada pertandingan pertama Wilder tiga kali menjatuhkan Tyson, sekali pada ronde sembilan dan dua kali pada ronde 12, dinyatakan imbang.

 

Juara dunia WBA Reguler kelas berat, Manuel Charr.

MANUEL CHARR – Juara WBA Reguler, Charr pernah disebut sebagai juara dunia kelas berat dari Jerman. Namun, dia berasal dari Suriah. Charr lahir di Beirut, Lebanon, 10 Oktober 1984, bernama Mahmoud Omeirat Charr.

Tidak banyak yang mengenal Charr, 35 tahun, sebagai juara dunia kelas berat dengan rekor menang-kalah 31-4, 17 KO.

Charr menetap di Berlin, Jerman, menekuni kickboxing dan juara, yang kemudian berlatih tinju ditempat terkenal; Gym Max Schmeling.

Charr merebut gelar juara dunia WBA Reguler kelas berat yang kosong di Koening Pilsener Arena, Oberhausen, Jerman, 25 November 2017, menang angka melalui pertarungan panjang 12 ronde melawan Alexander Ustinov (Rusia).

Itu dua tahun yang lalu dan Charr belum pernah naik ring untuk mempertahankan gelarnya.

Seharusnya Charr sudah bertanding melawan Fres Oquande (Puerto Rico) di Cologne, Jerman, 23 Maret 2019. Namun dibatalkan sehari menjelang pertandingan. Salah satu di antara mereka terlibat dugaan pemakaian obat terlarang.

JOE JOYCE – WBA melahirkan gelar baru yaitu Gold. Orang pertama yang menjadi juara kelas berat Gold adalah Joe Joyce (Inggris) dengan rekor 60-9, 26 KO.

Joyce merebut gelar Gold di O2 Arena, Greenwick, Inggris, 13 Juli 2019, menang angka setelah bertarung 12 ronde melawan Bryant Jennings (Amerika Serikat).

Sebelumnya Joyce, 34 tahun, adalah juara kelas berat Commonwealth dan juara kelas berat WBA Continental. (finon manullang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *