Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Joshua Menebus Kekalahannya di Arab Saudi, Ruiz Terluka Sejak Ronde Pertama

Anthony Joshua. (Foto: Mark Robinson)

Rondeaktual.com – Anthony Joshua (Inggris, 30 tahun) gagal memenuhi janjinya untuk menjatuhkan Andy (Amerika Serikat, 30 tahun). Joshua hanya menang angka mutlak sekaligus kembali menjadi juara dunia kelas berat. Joshua berhasil menebus kekalahannya atas Ruiz dalam tanding ulang langsung di Diriyah, situs Warisan Dunia UNESCO di Al-Turaif, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (7/12/2019) malam.

Pertarungan 12 ronde itu ditutup pada pukul 05.09 Minggu WIB. Joshua diumumkan menang angka 118-110, 118-110, 119-109 dan kembali menyandang sabuk juara dunia kelas berat IBF, WBA Super, IBO, WBO.

Hasil pertandingan mengantar rekor Joshua menjadi menang-kalah 23-1, 21 KO. Rekor Ruiz turun menjadi 33-2, 22 KO.

Sepanjang pertarungan 12 ronde tidak ada yang terjatuh. Tidak seperti pertarungan pertama mereka yang sangat mendebarkan. Beberapa pukulan Joshua mendarat telak di muka Ruiz yang lebih sering maju tetapi sangat jarang melepaskan pukulan kanannya, yang pernah menjatuhkan Joshua sampai empat kali dalam pertandingan pertama mereka.

Sejak ronde pertama Ruiz sudah terluka dan darah menetes dari bagian alis sebelah kiri. Sampai ronde 12 ronde terakhir, Ruiz terus berdarah dan kalah.

Kemenangan Joshua lebih banyak ditentukan kesiapannya yang luar biasa dan strateginya yang tepat dan hebat tidak mau meladeni tukar pukulan. Joshua mampu bertarung dengan bergerak mengitari ring sepanjang 12 ronde mementahkan seluruh ambisi Ruiz untuk menjatuhkannya. Tangan kanan Joshua yang aktif dan tidak turun seperti pertarungan sebelumnya, sangat menolongnnya untuk meraih kemenangan angka besar. Di Arab Saudi Joshua tampil sempurna.

PERTEMUAN JOSHUA VS RUIZ

1. Sabtu, 7 Desember 2019, Diriyah, Arab Saudi: Joshua menang angka melalui pertarungan 12 ronde dan kembali menjadi juara dunia kelas berat.

2. Sabtu, 1 Juni 2019, MGM Grand Garden, New York City, New York: Ruiz menang TKO ronde 7 yang sudah berjalan 1 menit dan 33 detik atas juara IBF, WBA Super, IBO, WBO Anthony Joshua. Ruiz menjadi petinju Amerika-Meksiko pertama yang menjadi juara dunia kelas berat.

Dengan kemenangan ANGKA Joshua di Arab Saudi, maka membuka kemungkinan trilogy seperti yang disampaikan Joshua menjelang pertarungan ulang mereka. (finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *