Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Coretan Akhir Tahun Finon Manullang: Manny Pacquiao Tangguh di Usia 40

Ikon Filipina Manny Pacquiao. (Foto: Dok)

Rondeaktual.com – Siapa petinju paling favorit sepanjang tahun 2019 di luar kelas berat?

Mungkin saja the legend Manny Pacquiao (Filipina). Atau juara dunia WBO light heavyweight Saul Canelo Alvarez (Meksiko), atau juara dunia IBF middleweight Gennady Golovkin (Kazakhstan), atau pahlawan tinju Jepang Naoya Inoue?

Jika dia berdomisili di Jepang, tentu pilihan favoritnya cenderung untuk mendorong juara dunia IBF dan WBA Super bantamweight Naoya Inoue, 26 tahun, yang tidak terkalahkan dengan rekor 19-0-0, 16 KO.

Inoue mencetak hasil besar mengalahkan veteran Filipina Nonito Donaire, 37 tahun, melalui pertarungan 12 ronde unifikasi IBF dan WBA Super kelas bantam di Saitama, Jepang, 7 November 2019.

Atau juara dunia WBA Reguler middleweight Ryoto Murata, 33 tahun dengan rekor 16-2-0, 13 KO.

Dari Thailand ada Wanheng Menayothin atau Chayaphon Moonsri, 33 tahun. Kurang popular barangkali, tetapi menyandang gelar juara dunia WBC strawweight atau sama dengan kelas terbang mini.

Menayothin sekarang satu-satunya juara dunia tidak terkalahkan sampai pertandingannya yang ke 54 (54-0-0, 18 KO). Ini sekaligus menggeser jauh rekor Floyd Mayweather yang disebut-sebut tidak terkalahkan dengan rekor 50-0-0.

Di luar itu masih ada kemungkinan untuk memilih southpaw Terence Crawford atau southpaw asli Vasiliy Lomachenko, sebagai petinju favorit sepanjang tahun 2019.

Meski Crawford dan Lomachenko adalah ikon dan orbitan promotor top dunia Bob Arum bersama Top Rank, namun faktanya tak banyak kegembiraan di atas. Sepanjang tahun 2019 keduanya hanya mendapat jatah dua kali naik ring.

Lomachenko, Ukraina, 31 tahun, memulai tahun 2019 di Staples Center, Los Angeles, 12 April, menang KO ronde 6 atas mantan juara dunia WBA lightweight Anthony Crolla (Inggris). Lomachenko mempertahankan gelar WBA Super dan WBO lightweight.

Lomachenko terakhir mempertahankan gelar WBA Super dan WBO sekaligus merebut gelar lowong WBC lightweight melalui kemenangan angka 12 ronde melawan Luke Campbell (Inggris), O2 Arena, Greenwitch, 21 Agustus 2019. Lomachenko menyimpan rekor menang-kalah 14-1, 10 KO.

Crawford, meski menjadi salah satu bintang kelas welter, tetap saja seperti Lomachenko; hanya kebagian dua pertandingan.

Crawford, Amerika Serikat, 32 tahun, menghentikan perlawanan Amir Khan (Inggris) pada ronde 6 di Madison Square Garden, 20 April 2019. Khan kalah berdiri di sudutnya. Dia menolak meneruskan ronde 7. Crawford mempertahankan gelar WBO welterweight.

Belum lama di Madison Square Garden, 14 Desember 2019, Crawford mempertahankan gelar WBO welterweight, setelah menghentikan Egidijus Kavaliauskas pada ronde 9 yang sudah berjalan 1 menit dan 44 detik.

PACQUIAO TANGGUH DI USIA 40

Sekarang mari kita mengikuti perjalanan karir tinju Manny Pacquiao. Dari semua nama dan dari semua juara dunia di luar kelas berat, popularitas Pacquiao masih dominan. Masih wangi.

Diterima entah tidak, nama besar Pacquiao masih lebih harum dari juara dunia yang lain. Petinju satu ini tidak hanya rendah hati dan dermawan tetapi bersih dari kasus yang sering menghantam kehidupan para bintang tinju dunia. Pacquiao sangat mencintai keluarganya.

Pacquiao nyaris habis ketika ia datang ke Suncorp Stadium, Brisbane, Australia, 2 Juli 2017. Di sana ia dilucuti Jeff Horn, petinju Australia yang usianya lebih muda 11 tahun dari Pacquiao 37 tahun. Pacquiao kehilangan gelar dunia WBO kelas welter.

Tetapi seperti orang bilang “tua-tua keladi, makin tua makin tangguh”. Pacquiao meneruskan perjalanan karirnya di tengah isu yang semakin kental merebut kursi kepresidenan.

Pacquiao berani melepaskan diri dari cengkeraman Bob Arum bersana Top Rank dan memilih berdiri sendiri di bawah bendera Manny Pacquiao Promotions.

Pada usia 39 tahun, setelah satu tahun tidak naik ring sejak kekalahan “yang dirampok” melawan Horn dan kemudian namanya dihapus dari daftar peringkat WBO, Pacquiao mendatangkan juara dunia WBA Reguler kelas welter Lucas Matthysse (Argentina) ke Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Pertarungan gelar melawan Matthysse berlangsung 15 Juli 2018, dimenangkan Pacquiao melalui TKO ronde 7 yang sudah berjalan 2 menit dan 43 detik. Matthysse kalah cepat dan kalah hati.

Itulah awal kebangkitan Pacquiao, Senator satu-satunya yang menjadi juara dunia.

Sepanjang tahun 2019, Pacquiao yang sudah berusia 40 tahun, dua kali memenangkan pertandingan kejuaraan dunia kelas welter.

Pertama di MGM Grand Garden Arena, Nevada, 19 Januari 2019, Pacquiao menang angka 12 ronde melawan mantan juara dunia empat kelas si banyak masalah Adrien Broner (Amerika Serikat). Pacquiao mencatat sukses pertama mempertahankan mahkota WBA Reguler kelas welter.

Kedua di MGM Grand Garden Arena, 20 Juli 2019, Pacquiao menang angka melalui pertarungan 12 ronde melawan juara WBA Super kelas welter Keith Thurman (Amerika Serikat). Umur Thurman 11 tahun lebih muda dari Pacquiao 40 tahun.

Sekarang Pacquiao sudah 41 tahun, dengan rekor menang-kalah-draw 62-7-2, 39 KO. Pacquiao lahir di Kibawe, Bukidnon, Filipina, 17 Desember 1978.

Kemungkinan Pacquiao bertanding pada pertengahan tahun 2020, dengan lawan yang belum pasti.

Di kelas welter Pacquiao, southpaw, tidak sendiri. Ada yang menyebut juara IBF dan WBC Errol Spence Jr, (Amerika Serikat) sebagai lawan yang bisa menggemparkan. Spence berumur 12 tahun lebih muda dari Pacquiao 41 tahun. Unifikasi gelar kelas welter kidal versus kidal bakal mengangkat gengsi pertandingan.

Namun yang sangat ditunggu-tunggu adalah pertarungan unifikasi dengan juara dunia WBO kelas welter Terence Crawford, yang bisa kidal bisa kanan. Pacquiao Vs Crawford bukan tidak mungkin terjadi pada tahun 2020.

JUARA DUNIA KELAS WELTER
WBA Super: Manny Pacquiao, Filipina, 41 tahun, southpaw, 62-7-2, 39 KO.
WBA Reguler: Alexander Besputin, Rusia, 28 tahun, 14-0-0, 9 KO.
WBA Gold: Vergil Ortiz Jr., Amerika Serikat, 21 tahun, 15-0-0, 15 KO.
WBC: Errol Spence Jr, Amerika Serikat, 29 tahun, southpaw, 26-0-0, 21 KO.
IBF: Errol Spence Jr, Amerika Serikat, 29 tahun, southpaw, 26-0-0, 21 KO.
WBO: Terence Crawford, Amerika Serikat, 32 tahun, southpaw, 36-0-0, 27 KO.

Finon Manullang, menulis dari Desa Tridaya Tamsel, Jawa Barat, finon5000@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *