Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Mantan Raja Cruiserweight Carlos De Leon Meninggal Mendadak

Carlos De Leon (kiri). (Boxing Scene)

Rondeaktual.com – Bila Anda penggemar tinju pada dekade 80, pasti pernah mendengar nama Charlos De Leon.

Carlos De Leon adalah juara dunia cruiserweight pertama dari Puerto Rico dan menjadi petinju pertama yang diberangkatkan pada tahun 2020. De Leon telah mengukir reputasinya sendiri sebagai salah satu cruiserweight terbaik sepanjang masa.

De Leon nyaris tidak melihat beberapa jam pertama tahun baru sebelum meninggal Rabu pagi di rumahnya di Buffalo, New York. Mantan juara empat kali kelas penjelajah dan juara linier tiga kali, De Leon dengan rekor menang-kalah-draw 53-8-1, (33 KO), telah meninggal dunia pada usia 60 tahun.

Penyebab resmi kematian dikaitkan dengan serangan jantung. De Leon telah mengukir reputasinya sendiri sebagai salah satu cruiserweight terbaik sepanjang masa.

De Leon lahir pada 3 Mei 1959 di Trujillo Alto, Puerto Rico, menjadi petinju pertama di pulau itu yang berhasil merebut mahkota cruiserweight. De Leon mencopot gelar World Boxing Council (WBC) Marvin Camel dalam pertarungan pertama mereka pada November 1980.

“Keluarga tinju WBC sedih melaporkan kematian mendadak salah satu juara cruiserweight terbesar, Carlos DeLeon,” kata Presiden WBC, Mauricio Sulaiman. “Semoga ia beristirahat dalam damai. Adios Campeon.”

“Sedih mendengar meninggalnya Carlos “Sugar” De Leon Sr pagi ini,” kata Amer Abdallah, seorang juara kickboxing terkenal yang berlatih bersama Tim De Leon di Las Vegas. “Dia adalah raksasa legendaris di atas ring dan empat kali World Cruiserweight, namun salah satu jiwa paling baik yang pernah kutemui.”

“Beristirahatlah dengan tenang, kakak. Doa dan cinta untuk keluarga De Leon.”
Kehilangannya juga dirasakan oleh masyarakat setempat. “Beristirahatlah dengan tenang kepada teman saya, petinju hebat Carlos De Leon,” kata Ross Thompson (27-16-3, 18 KO), mantan veteran tinju dan penantang gelar dari Buffalo.

”Carlos adalah pria yang, meskipun dia adalah juara dunia, tidak pernah lupa dari mana asalnya,” kata adik lelaki Juan De Leon. “Keputusan (tinju) yang dia buat selalu menjadi (kepentingan terbaik) keluarganya.” (ra/finon / boxingscene.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *