Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Terungkap Rencana Pertandingan Tibo Monabesa Melawan Petinju Filipina

Petinju kelas terbang ringan Indonesia, Tibo Monabesa. (Foto: Finon Manullang)

Rondeaktual.com – Secara tak terduga terungkap pembicaraan tentang rencana pertandingan petinju Indonesia, Tibo Monabesa. Tibo adalah pemegang sabuk juara International Boxing Organization (IBO) world junior flyweight. Tetapi Tibo akan diorbitkan melalui WBC, bukan IBO.

Adalah Ketua Umum Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) Manahan Situmorang, yang menyampaikan rencana pertandingan Tibo Monabesa di studio televisi di daerah Mampang Prapatan, Jakarta, 7 Maret 2020.

Manahan Situmorang berbicara di atas panggung musik di Sirma Cafe, Cililitan, Minggu (12/1/2020).

Rondeaktual.com yang sedang duduk bersama Armin Tan (pelatih, manajer, dan promotor Tibo Monabesa), langsung konfirmasi.

“Saya tidak mau ini diumumkan. Nanti saja kalau sudah dekat tanggal pertandingan,” kata Armin Tan.

Setelah ditanya tentang kepastian yang disampaikan Manahan Situmorang, Armin Tan tidak bisa mengelak.

“Tibo akan bertanding (7 Maret 2020) melawan peringkat 11 dunia WBC dan peringkat 12 dunia IBF. Lawan Tibo orang Filipina,” Armin Tan menjelaskan. “Ini pertarungan level ranking dunia. Tibo akan saya bawa ke WBC.”

Bila dapat memenangkan pertandingan, maka peringkat 8 dunia WBC Tibo yang sekarang akan membaik. Peluang menantang juara dunia WBC, Kenshiro Teraji (Jepang) semakin terbuka.

Pertandingan 7 Maret akan diawasi wasit dan tiga hakim dari luar negeri. Supervisor dari luar negeri. Hanya satu hakim dari Indonesia. “WBC ketat dan tidak bisa dinego semua wasit dan hakim dari Indonesia,” ujar Armin Tan.

JUARA DUNIA KELAS TERBANG RINGAN (Light Flyweight), 48.988 kilogram.
WBA Super: Hiroto Kyoguchi, Jepang.
WBA Reguler: Carlos Canizales, Venezuela.
WBC: Kenshiro Teraji, Jepang.
IBF: Felix Alvarado, Nikaragua.
WBO: Elwin Soto, Meksiko.
IBO: Tibo Monabesa, Indonesia.

Tibo Monabesa merebut gelar lowong International Boxing Organization (IBO) world junior flyweight melalui kemenangan angka 12 ronde melawan Omari “Lion Boy” Kimweri (Australia). Pertarungan berlangsung di Gedung Olahraga Flomabora, Kupang, Nusa Tenggara Timur, 7 Juli 2019. (ra/finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *