Ronde Aktual

Tinju itu Indah

20 Pertandingan Kelas Berat Paling Diingat Sepanjang Masa

Salah satu pertarungan kelas berat paling diingat; George Foreman Vs Muhammad Ali, 45 tahun yang silam. (Dok).

CORETAN FINON MANULLANG – Anda seorang penggemar tinju kelas berat?

Jika ya, Anda pasti mencatat salah satu atau beberapa pertandingan kelas berat paling diingat sepanjang masa.

Mari kita mulai dari pertarungan Muhammad Ali versus George Foreman, yang berlangsung di Kinshasa, Zaire, 30 Oktober 1974.

1. ALI MENJATUHKAN FOREMAN

Ali memukul jatuh Foreman persis di tengah-tengah ring pada ronde 8 dari 15 ronde yang direncanakan.

Itu 45 tahun silam, yang diingat sebagai The Rumble in the Jungle. TVRI siaran langsung membuat sebagian pusat bisnis seperti Pasar Senen dan Pasar Glodok terhenti sejenak. Para toke pemilik kios bermurah hati menentang televisinya, sehingga orang-orang di sekitar dapat menyaksikan Ali-Foreman, termasuk saya.

Ali menghadapi Foreman dengan percaya diri. Ditopang gerak kaki (foot work) yang amat lincah, Ali melepaskan straight mendarat telak di kepala membuat Foreman tersungkur tidak bisa bangun sampai hitungan sepuluh habis.

Itu luar biasa dan menjadi sangat spesial ketika Presiden Jimmy Carter mengundang Ali dalam acara makan malam di Gedung Putih.

2. ALI-BUGNER DI KULA LUMPUR

Promotor Don King berhasil menjual pertandingan Muhammad Ali versus Joe Bugner (Australia) di Kuala Lumpur, Malaysia, 1 Juli 1975.

Ini merupakan kejuaraan dunia kelas berat pertama di Asia, yang dimenangkan Ali melalui pertandingan 15 ronde.

3. ALI VS LEON SPINKS

Muhammad Ali dua kali bertarung 15 ronde melawan Leon Spinks.

Pertama di Las Vegas, 15 Februari 1978, Ali kalah angka dan kehilangan gelar juara dunia kelas berat.

Tujuh bulan kemudian di New Orleans, 15 September 1978, Ali menebus kekalahannya sekaligus mencetak rekor tiga kali juara dunia kelas berat.

4. HOLMES MENGALAHKAN ALI

Muhammad Ali sudah berumur 38 tahun ketika Larry Holmes memaksanya menyerah di Caesars Palace, Nevada, 2 Oktober 1980.

Holmes berkali-kali mendaratkan jab-straight ke muka dan kepala Ali.

Pada ronde 10, Ali berdiri di sudutnya didampingi pelatih Angelo Dundee. Ali menolak memulai ronde 11 kemudian diumumkan TKO ronde 10. Holmes mempertahankan gelar juara dunia WBC kelas berat.

Pertarungan ditayangkan langsung oleh TVRI, membuat berbagai aktivitas dihentikan hanya untuk menyaksikan Ali-Holmes.

5. HOLMES HENTIKAN COONEY

Holmes mematahkan harapan kelas berat kulit putih satu-satunya Gerry Cooney dengan mendaratkan 11 pukulan tanpa balas di Las Vegas, 11 Juni 1982. Cooney kalah berdiri, setelah wasit menghentikan pertandingan pada ronde 13 yang sudah tidak berimbang.

6. SPINKS MENGALAHKAN HOLMES

Michael Spinks menjadi orang pertama yang berhasil menghentikan langkah Larry Holmes yang berkuasa sepanjang delapan tahun tak terkalahkan dalam kejuaraan dunia.

Spinks melucuti gelar juara dunia IBF kelas berat yang disandang Holmes, melalui kemenangan angka 15 ronde di Las Vegas, 21 September 1985.

7. TYSON KO BERBICK

Mike Tyson tiga kali menjatuhkan juara dunia WBC kelas berat Trevor Berbick (Kanda) pada ronde 2 dan otomatis habis.

Itu di Las Vegas, 2 November 1986, yang mengantar Tyson menjadi juara dunia kelas berat termua (20 tahun dan 4 bulan), mengalahkan rekor juara dunia kelas berat termuda sebelumnya Floyd Patterson (21 tahun dan 10 bulan).

8. TYSON HENTIKAN SPINKS

Mike Tyson mencetak rekor KO tercepat sepanjang sejarah kejuaraan dunia kelas berat. Hanya dalam 90 detik Tyson menghabisi perlawanan Michael Spinks di Atlantic City, 27 Juni 1988. Tubuh Spinks nyangkut di tali ring.

9. DOUGLAS KO TYSON

Underdog James “Buster” Douglas datang ke Jepang dan hampir tidak ada yang menyangka bahwa dia menjadi orang pertama menjatuhkan “Si Leher Beton” Mike Tyson.

Douglas jatuh lebih dulu dan itu terjadi pada ronde 8 kemudian bangkit memukul KO Tyson pada ronde 10 di Tokyo Dome, 11 Februari 1990.

Douglas membuat sejarah besar dalam hidupnya dan menjadi juara dunia sejati kelas berat (WBA, WBC, IBF).

10. HOLYFIELD KO DOUGLAS

Evander Holyfield hanya memerlukan tiga ronde untuk menjatuhkan James “Buster” Douglas dan menjadi juara dunia sejati kelas berat. Itu di Las Vegas, 25 Oktober 1990.

11. MOORER MENANG ATAS HOLYFIELD

Michael Moorer menjadi petinju kidal pertama yang berhasil menjadi juara dunia kelas berat. Moorer merebut gelar WBA dan IBF dari tangan juara Evander Holyfield melalui kemenangan angka 12 ronde di Caesars Palace, Las Vegas, 22 April 1994.

12. FOREMAN KO MOORER UNTUK MENJADI JUARA DUNIA TERTUA

George Foreman menjadi juara dunia tertua sepanjang sejarah kelas berat. Foreman (45 tahun 10 bulan dan 5 hari) dalam keadaan jauh tertinggal angka merebut gelar juara dunia WBA dan IBF dari tangan juara Michael Moorer melalui kemenangan KO ronde 11, MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, 5 November 1994.

13. HOLYFIELD DIGIGIT TYSON

Jangan pernah melupakan peristiwa ini. Sadis dan brutal dan satu-satunya terjadi dalam sejarah kejuaraan dunia kelas berat ketika “Iron Man” Mike Tyson menggigit kuping Evander Holyfield sampai sompal, dalam pertarungan ulang di MGM Grand Garden Arena, 28 Juni 1997.

Wasit Mills Lane menghentikan pertandingan pada ronde 3 dan memberikan kemenangan diskualifikasi kepada Holyfield untuk mempertahankan gelar WBA kelas berat.

Di pertandingan pertama di Las Vegas, 9 November 1996, Holyfield menghentikan Tyson ronde 11.

14. LEWIS-HOLYFIELD DRAW

Lennon Lewis (Inggris) dan Evander Holyfield menyuguhkan pertarungan luar biasa sepanjang 12 ronde. Ini salah satu duel kelas berat terbesar ketika keduanya tak henti-hentinya saling bertukar pukulan tetapi berakhir draw, di Madison Square Garden, New York, 13 Maret 1999.

Tidak puas, Lewis dan Holyfield melakukan pertarungan ulang 12 ronde di Thomas & Mack Center, Nevada, 13 November 1999. Lewis menang angka antiklimaks dan mempertahankan gelar WBC dan merebut gelar WBA dan IBF dan merebut gelar lowong IBO.

15. LEWIS HENTIKAN TYSON

Salah satu yang paling mendebarkan ketika Mike Tyson mengejar target KO. Namun Lennox Lewis yang besar dan tinggi memanfaatkan kelebihannya dan menunggu Tyson sampai kelelahan kemudian menang KO ronde 8.

Peristiwa itu terjadi di The Pyramid, Memphis, 21 Juni 2003. Lewis mempertahankan gelar WBC, IBF, IBO.

16. FURY MENGALAHKAN KLITSCHKO

Di luar dugaan banyak orang, Tyson Fury (Inggris) datang ke Jerman untuk menurunkan salah satu juara dunia terlama Wladimir Klitschko (Ukraina, 9 tahun juara dunia tanpa putus). Berlangsung 12 ronde di Dusseldorf, 28 November 2015.

Fury menang angka dan bangga membawa pulang sabuk juara dunia WBA Super, IBF, WBO, IBO, yang disandang Klitschko.

17. JOSHUA KO KLITSCHKO

Inilah salah satu pertarungan kelas berat paling dramatis dan paling bersejarah karena disaksikan 90 ribu penonton di Stadion Wembley, London, 29 April 2017.

Di sana Anthony Joshua (Inggris) dan Wladimir Klitschko (Ukraina) menyuguhkan tontonan sangat mendebarkan. Saling menjatuhkan.

Pada ronde 5, Klitschko jatuh dan pada ronde berikutnya giliran Joshua terjatuh. Pada ronde 11, Klitschko jatuh dan bangkit kemudian jatuh lagi untuk kedua kalinya di ronde yang sama. Wasit menghentikan pertandingan pada ronde 11 yang sudah berjalan 2 menit dan 25 detik. Joshua menang TKO dan mempertahankan gelar IBF dan merebut gelar lowong WBA Super dan IBO.

18. WILDER HENTIKAN ORTIZ
Juara dunia WBC Deontay Wilder menghabisi perlawanan “King Kong” Kuba, Luis Ortiz pada rond 10 yang sudah berjalan 2 menit dan 5 detik, Barclays Center, New York City, 1 Maret 2028.

19. WILDER-FURY DRAW

Deontay Wilder tiga kali menjatuhkan Tyson Fury (sekali ronde 9 dan dua kali ronde 12), yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, 1 Desember 2018.

Pertarungan yang sangat mendebarkan itu diumumkan draw. Juara tetap juara.

Banyak pengamat menilai keharusnya Wilder menang KO ronde terakhir, kalau saja wasit tidak memperlambat hitungannya.

Sebaliknya, banyak pengamat menilai kemenangan angka seharusnya milik Fury.

Itu tercatat sebagai keputusan paling konteroversial dalam sejarah kelas berat.

20. ANDY RUIZ KO JOSHUA

Tak selamanya underdog itu tak tak berguna. Andy Ruiz telah membuktikannya dan mengguncang dunia ketika pukulan pendeknya sampai empat kali menjatuhkan juara dunia WBA Super, IBF, WBO, IBO, Anthony Joshua (Inggris), yang berlangsung di Madison Square Garden, New York City, 1 Juni 2019.

Pada ronde 3, Joshua menjatuhkan Ruiz dan mendapat hitungan dari wasit. Ruiz bangkit dan balas menjatuhkan Joshua sampai dua kali di ronde 4. Pada ronde 7, Ruiz dua kali menjatuhkan Joshua dan dihentikan wasit setelah Joshua hanya bisa berdiri di sudut netral dan terlambat menjawab.

Kemengan Ruiz yang begitu hebat mengantarnya sebagai tamu penting di berbagai pertemuan, termasuk bertemu dengan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador.

Dalam pertandingan ulang di Diriyah, Arab Saudi, 7 Desember 2019, yang tidak menarik, Joshua mengalahkan Ruiz dengan angka 12 ronde.

Finon Manullang, menulis dari Desa Tridaya Tamsel Jawa Barat, finon5000@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *