Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Armin Tan Sebut Taufiq Whitaker Asisten Pelatih Terbaik

Mantan petinju Malang, Taufiq Whitaker, 36 tahun. (Ist)

Rondeaktual.com – Sasana tinju di Indonesia –baik yang besar maupun kelas pinggir jalan—selalu diperkuat setidaknya dua pelatih. Pelatih utama atau pelatih kepala biasanya pendiri atau pemilik sasana. Setiap camp selalu membutuhkan asisten pelatih.

Taufiq Whitaker atau Taufiq Irfendy “Kera Ngalam” asli Pakisaji, Malang, Jawa Timur, adalah salah satu asisten pelatih yang ada di Armin Tan Gym, Tangerang, Banten.

Armin Tan, pendiri camp, memilih Taufiq Whitaker sebagai asisten pelatih, untuk menangani persiapan tanding kejuaraan dunia IBO light flyweight Tibo Monabesa di Kupang, NusaTenggara Timur, 17 Juli 2019. Tibo Monabesa berhasil merebut gelar IBO yang lowong, setelah menang angka 12 ronde melawan Omari Kimweri (Australia).

“Dia asisten pelatih terbaik saya,” kata Armin Tan, 41 tahun, tentang Taufiq Whitaker, 36 tahun, “Kera Ngalam” yang pandai membuat sepatu. “Beliau punya jasa besar ikut mengantar Tibo Monabesa juara dunia,” Armin Tan menambahkan.

MANTAN PETINJU MALANG

Siapa Taufiq Whitaker? Menurut mantan juara Indonesia kelas bantam Agus Ekajaya, Taufiq Whitaker adalah mantan petinju pro kelas bantam. Taufiq Whitaker tidak punya hubungan darah dengan mantan juara dunia empat kelas southpaw Pernell Whitaker (Amerika Serikat). Cuma ambil nama belakang saja, biar komersial.

“Saya pertama kali melatih dia (Taufiq Withaker) di depan rumah almarhum Wongso Indrajit. Dia juga saya ajak separing ke tempat lain sampai akhirnya masuk Jaguar Boxing Camp kepunyaan Pak Haji (Nurhuda),” kata Agus Ekajaya di Malang. “Saya mengenal dia sebagai Taufiq Whitaker from Pakisaji Pasar. Tahu-tahu sekarang sudah ikut Armin Tan di Jakarta. Itu hebat dan saya bangga,” komentar Agus Ekajaya.

Lepas dari tangan Agus Ekajaya, Taufiq Whitaker singgah di Jaguar Boxing Camp Malang. Tauqif dilatih Mamad, saudara kandung Nurhuda, mantan juara WBC Junior dan juara IBF Intercontinental kelas bulu yunior.

Mamad senag mendengar Taufiq Whitaker meneruskan karir pelatihnya bersama Armin Tan. “Taufiq belum sempat juara Indonesia sudah berhenti. Dulu sering ikut partainya Viktor Mausul dan dia sangat disiplin. Dia baik dan hormat kepada siapa saja,” kata Mamad, salah satu pendiri Jaguar Boxing Camp Malang.

Menurut Taufiq Whitaker, ia sudah setahun ikut menangani persiapan Tibo Monabesa, yang akan bertanding melawan Toto Landero (Filipina), di Jakarta, 21 Maret 2020.

”Saya tetap domisili Malang dan sampai sekarang kuarga saya di Malang,” kata Taufiq Whitaker, kelahiran Malang, Jawa Timur, 2 Februari 1984. Selesai pertandingan 21 Maret, ia Whitaker akan kembali ke Malang.

Sebelumnya lelaki rambut ikal ini adalah pelatih member di Malang. Muridnya banyak dan harus dilepas karena fokus untuk persiapan Tibo Monabesa di Jakarta. (ra/finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *