Ronde Aktual

Tinju itu Indah

WBC Menangguhkan Status Gelar Juara Dunia Perempuan Kelas Menengah Super

Juara dunia perempuan Alejandra Jiminez dan sabuk juara WBC world super middleweight. (Foto: Alama Montiel)

Rondeaktual.com – WBC (Dewan Tinju Dunia) mengeluarkan pernyataan, menangguhkan status gelar juara dunia perempuan WBC kelas menengah super yang disandang Alejandra Jimenez.

Jimenez adalah wanita Meksiko yang melahirkan seorang anak perempuan kemudian mengalami perubahan fisik kekar setelah bermasalah dalam rumah tangga. Dia menjadi juara dunia WBC perempuan kelas menengah super setelah mengalahkan juara sebelumnya, Franchon Crews-Dezurn, 10 Januari 2020.

Pada 24 Januari 2020, Asosiasi Anti-Doping Sukarela memberi tahu WBC bahwa isi wadah sampel “A” yang keluar dari kompetisi yang dikumpulkan VADA dari Alejandra Jimenez pada 10 Januari 2020, sebagai bagian dari WBC Clean Boxing Program, menghasilkan temuan yang merugikan untuk Stanozolol,

Stanozolol adalah steroid sintetis dan turunan dari testosteron, yang memiliki kualitas anabolik dan androgenik. Stanozolol termasuk dalam daftar terlarang VADA dan Clean Boxing Program WBC, dikutip dari Fightnews.com.

Pada 19 Februari 2020, isi wadah sampel “B” mengkonfirmasi temuan yang merugikan. Jimenez membantah temuan yang merugikan.

Pada 10 Februari 2020, Departemen Perizinan dan Regulasi Texas menangguhkan gelar juara dunia Jimenez selama 90 hari dan menyatakan pertarungan itu sebagai “Tidak Ada Keputusan.”

Jimenez mengajukan banding atas putusan itu.

Dalam pernyataannya, tidak pasti berapa lama WBC menyelesaikan investigasi dan evaluasi temuan buruk Jimenez dan mempertimbangkan dengan seksama posisi dan argumen Jimenez yang membantah temuan yang merugikan tersebut.

WBC menjelaskan bahwa Crews-Dezurn dan timnya telah mengajukan protes resmi kepada IBC tentang hasil pertarungannya melawan Jimenez sehubungan dengan penemuan yang merugikan tersebut.

WBC dan tim Crews-Dezurn sedang berkomunikasi satu sama lain tentang masalah itu.

Selain menangguhkan status gelar juara Jimenez, WBC memberikan jalan kepada Crews-Dezurn dan penantang tertinggi untuk mengadakan perebutan gelar WBC kelas menengah super.

Setelah proses investigasi dan ajudikatif temuan merugikan Jimenez selesai, maka WBC akan menentukan status definitif Jimenez. (ra/finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *