Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Saksi Sejarah Pertigu Kid Francis Merayakan 57 tahun Pernikahannya

Kid Francis dan istri tersayang tiup lilin 57 tahun pernikahan mereka. (Foto: Istimewa)

Rondeaktual.com – Saksi sejarah tinju era Pertigu, Kid Francis, 85 tahun, merayakan 57 tahun HUT pernikahannya dengan Daisy. Berlangsung di tengah COVID-19, di rumahnya di Kramat Pulo, Jakarta Pusat, hari ini (Selasa, 7/7/2020).

“Mohon maaf, saya memang sengaja tidak ada kasih tahu teman-teman tinju,” kata sesepuh tinju dan pendiri Scorpio Boxing Camp Jakarta ini. Biasanya Ketua umum ATI Pusat, Manahan Situmorang hadir. “Tidak ada yang datang. Hanya anak-anak dan cucu yang ke rumah,” kata Kid Francis, yang pernah mengantar Ricardo Simanungkalit menjadi juara Indonesia tertua. Sambil bergurau pelatih yang juga mengorbitkan Nixon Gabirel dan Daud Jordan sampai juara, bilang begini: “Pait, tanpa bir.”

Tujuh tahun silam, atau pada 2013, Kid Francis merayakan 50 HUT Emas pernikahannya di Jakarta. Salah satu murid Kid Francis dan merupakan mantan Ketua Umum KTI Pusat, Jenderal (Purn) TNI A.M Hendropriyono tidak bisa hadir dan mengirim kembang ucapan selamat 50 tahun hari pernikahan Kid Francis Moningka-Daisy.

Kid Francis adalah saksi sejarah perjalanan tinju mulai era Persatuan Tinju dan Gulat (Pertigu) sampai sekarang era now dengan lima badan tinju pro. Kid bertanding dari kota ke kota di era Pertigu dan di era tinju pasar malam sampai akhirnya pemerintah membekukan tinju pro selama 10 tahun.

Setelah tinju pro hidup melalui perjuangan salah satunya oleh Gubernur KDKI Jakarta Ali Sadikin, Kid Francis terus bertanding.

Salah satu pertarungan yang sangat bersejarah terjadi ketika Kid Francis naik ring untuk kejuaraan Indonesia kelas bulu yunior melawan triple champion Fredy Ramschie dari Surabaya. (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *