Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Inilah Komentar Rencana Pertarungan 2 Veteran Besar Tyson-RJJ

Roy Jones Jr. dan Mike Tyson, menunggu 12 September 2020. (Boxing Scene)

Rondeaktual.com – Roy Jones Jr (RJJ), 51 tahun, adalah mantan juara dunia empat kelas. RJJ memulainya dari kelas menengah sampai kelas berat ketika ia mengalahkan John Ruiz untuk gelar dunia WBA pada 2003.

Sejak itu RJJ bermimpi bisa bertarung dengan Mike Tyson, 54 tahun. Sayangnya tidak pernah terwujud sampai Tyson pensiun pada 2005.

Hampir 18 tahun kemudian, RJJ akan mendapatkan kesempatan untuk menghadapi Tyson dalam pertarungan delapan ronde di California, 12 September 2020. Pertarungan dilaporkan akan membantu beberapa badan amal dan akan didistribusikan berdasarkan bayar per tayang.

“Ketika saya memenangkan gelar kelas berat, satu-satunya kelas berat yang ingin saya lawan adalah Mike Tyson. Jadi, jika saya mendapat kesempatan 20 tahun kemudian untuk bergabung dengan Mike, tentu saja saya akan melakukannya,” kata RJJ, dikutip dari Boxing Scene.

Rencana pertarungan Tyson-RJJ mendapat tanggapan setidaknya dari Floyd Mayweather Jr., George Foreman, Jeff Fenech.

Mantan juara dunia lima kelas Floyd Mayweather pensiun dari olahraga tinju pada Agustus 2017, setelah menghentikan superstar UFC Conor McGregor pada ronde 10 dari 12 ronde yang dijadwalkan. Namun ia kembali naik ring pada Desember 2018, sebagai bagian dari pertarungan Tinju Tahun Baru di Jepang dan menghabisi kickboxer Tenshin Nasukawa hanya setengah ronde.

KOMENTAR MAYWEATHER

Mayweather berharap pertarungan Tyson-RJJ menarik. “Saya pikir kita sepertinya melupakan siapa pelopor membuat pertarungan ekshibisi besar,” kata Mayweather. ”Saya di sini bukan untuk mengatakan Tyson akan menang, aku di sini bukan untuk mengatakan Roy akan menang. Aku cukup yakin itu akan menghibur, aku cukup yakin aku akan menontonnya,” kata Mayweather kepada rapper Fat Joe selama wawancara Instagram Live, dikutip dari Boxing Scene.

“Saya tidak tahu apakah saya bisa pergi karena saya tidak berpikir akan ada penonton pada waktu tertentu. Tapi, semoga pria terbaik menang.”

KOMENTAR FOREMAN

Pemegang rekor juara dunia kelas berat tertua George Foreman memandang rencana pertarungan ekshibisi Mike Tyson dengan Roy Jones Jr sebagai “hal yang indah.”

Pada usia 45 tahun Foreman menghentikan juara dunia kelas berat IBF dan WBA Michael Moorer untuk menjadi juara kelas berat tertua sepanjang sejarah tinju.

“Ada saat ketika Anda harus khawatir tentang kesehatan Anda, tetapi itu adalah hal yang indah bahwa mereka bahkan akan keluar [dan bertarung],” Foreman mengatakan kepada TMZ Sport, dikutip dari Boxing Scene. “Mungkin mereka bisa menyebut amal untuk menjadi penerima dana. Kurasa bagus untuk keluar, tapi itu pasti menyenangkan.”

Foreman menyadari bahwa ada banyak bahaya yang melibatkan kedua petinju. “Boxing bukan masalah untuk dimainkan. Saya akan mengatakan kepada mereka bahwa itu benar-benar berbahaya. Tetapi ketika Anda memutuskan untuk melakukan sesuatu seperti itu, Anda tidak bisa mengatakan kepada mereka untuk tidak melakukannya. Bahkan saya, orang bodoh seperti saya, pada hari itu, saya hanya melihat apa yang ingin saya lihat.”

KOMENTAR FENECH

Legenda tinju Australia Jeff Fenech, yang pada suatu waktu melatih Tyson, khawatir tentang apa yang akan terjadi jika Tyson melepaskan pukulan keras ke tubuh Jones Jr.

“Mike terlihat dalam kondisi yang baik, dan Roy dalam kondisi yang baik dan saya pikir akan sulit bagi mereka untuk mengadakan ekshibisi,” kata Fenech kepada Sporting News.

“Saya pikir jika salah satu dari mereka memukul yang lain, itu bisa menjadi perang dan kita mungkin memiliki sesuatu yang tidak terduga terjadi. Saya pikir Roy mungkin merasakan kekuatan Mike Tyson. Ketika Anda melihat Mike, Anda memikirkan kekuatan meninju. Dan Ketika Anda memikirkan Roy menjelang akhir karirnya, Roy akan berada dalam masalah jika Mike mendaratkan pukulan padanya.”

“Roy tidak memiliki kecepatan dan bakat yang dia miliki ketika menjadi kelas menengah terbesar atau kelas menengah super sepanjang masa. Tapi kekuasaan tidak pernah meninggalkanmu, dan Mike masih memilikinya.”

Fenech ingat ketika Jones datang ke Australia dan tersingkir oleh Danny Green pada tahun 2009.

“Danny Green sama sekali tidak memukul seperti Mike Tyson. Saya jamin, saya melatih mereka berdua,” kata Fenech.

“Aku benci Roy terluka, tetapi Mike hanya terlihat begitu kuat. Dan dia terlihat sangat hebat saat ini. Dadanya dipompa, senang melihatnya. Senang melihat Roy berlatih, tapi aku benci kalau ada yang terluka.” (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *