Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Wartawan Datang Menemui Jeison Rosario di Bandara

Juara dunia seumur jagung Jeison Rosari tumbang ronde 8 dan kehilangan dua sabuk dunia sekaligus, Sabtu, 26 September 2020. (Foto: Amanda Westcott)

Rondeaktual.com – Juara dunia WBA dan IBF kelas menengah yunior seumur jagung (rebut Januari 2020 hilang September 2020) Jeison Rosario (Republik Dominika,26 tahun) sudah kembali ke rumahnya. Rosario tumbang KO ronde 8 di tangan Jermell Charlo (Amerika Serikat, 30 tahun) dan kehilangan dua sabuk sekaligus. Pertandingan unifikasi Showtime pay-per-view itu berlangsung jatuh-bangun di Mohegan Sun, Connecticut, Amerika Serikat, Sabtu, 26 September 2020.

“Rasa hormat saya untuk Charlo, dia adalah juara yang hebat. Saya akan terus bergerak maju,” kata Rosario kepada Franklin Nunez, dikutip dari Boxing Scene. Sedih sekali.

Rosario jatuh-bangun di tangan Jermell Charlo, Sabtu, 26 September 2020. (Foto: Amanda Westcott)

Sehari setelah tragedy tersebut, Rosario mantan anakjalanan dan hidup dalam kemiskinan, telah kembali ke rumah pada Senin. Rosario ditemui wartawan di Bandara Puerto Las Americas di Republik Dominika.

Ketika berjuang untuk pertahankan gelar pertama kalinya, Rosario terjatuh tiga kali. Knockdown terakhir yang terjadi pada ronde ke-8 menimbulkan banyak masalah.

Jermell Charlo melepaskan pukulan keras tepat ke tengah perut Rosario, yang membuatnya jatuh terlentang. Rosario tampaknya mengalami kejang saat dia berusaha bangkit dan wasit menghitungnya.
Rosario sempat pusing dan merasa mual usai pertarungan. Dia dibawa ke rumah sakit setempat untuk evaluasi dan dibebaskan pada malam yang sama setelah menerima surat kesehatan yang bersih.

Dokter setempat menyarankan dia untuk beristirahat selama 50 hari.

Setelah mengalami flash knockdown di set pertama, ia dijatuhkan dengan keras dari hook kiri di akhir set keenam. Charlo tidak dapat meneruskan serangan mautnya karena tidak ada waktu tersisa di ronde tersebut, tetapi Rosario mengalahkan hitungan dengan kaki yang goyah dan terhuyung-huyung kembali ke sudutnya.

Rosario menjelaskan bahwa pada saat knockout dia masih memulihkan diri dari pukulan yang dia lakukan pada ronde keenam.

“Sebenarnya pukulan yang datang [di delapan] tidak memiliki kekuatan yang lain [di urutan keenam]. Apa yang terjadi adalah bahwa saya sudah keluar dari sana setelah menerima pukulan yang saya lakukan di ronde keenam, dari mana saya tidak pulih.” (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *