Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Loma Tidak Menghadiri Konferensi Pers, Lopez: Untuk Apa Tanding Ulang?

Uppercut kanan Lopez mendarat telak di bagian dagu Lomachenko. (Foto: Mikey Williams)

Rondeaktual.com – Teofimo Lopez (Amerika Serikat, 23 tahun) tidak berpikir ada alasan melakukan pertarungan ulang dengan Vasiliy Lomachenko (Ukraina, 32 tahun).

Lopez mengalahkan Lomachenko dalam pertarungan unifikasi kelas ringan 12 ronde di Las Vegas, Sabtu, 17 Oktober 2020. Lopez sekarang menjadi juara dunia kelas ringan versi IBF, WBA Super, WBO, WBC.

Jika harus tandingan ulang, Lopez yakin akan berlangsung serupa dengan bagaimana dia mengalahkan Lomachenko, Sabtu malam.

Tidak ada klausul pertandingan ulang dalam kontrak mereka, oleh karena itu terserah Lopez untuk memberi Lomachenko pertandingan ulang. Lomachenko mungkin akan kembali ke divisi 130 pon (kelas ringan yunior).

Lomachenko tidak menghadiri konferensi pers pasca-pertarungan di MGM Grand, tetapi juara tiga divisi itu tidak menyebutkan pertandingan ulang dalam wawancara pasca-pertarungannya dengan Mark Kriegel dari ESPN, dikutip dari Boxing Scene.

Jika Lomachenko memintanya, Lopez tidak akan mengerti maksudnya setelah mengalahkan lawan yang secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga petarung teratas, pound-for-pound, dalam olahraga.

“Untuk apa? Untuk apa ?” tanya Lopez saat konferensi pers. “Saya mengalahkannya, dan saya melakukan semua yang harus saya [lakukan] untuk mengalahkannya. Jika ada (tanding ulang), itu akan terjadi lagi, hal yang sama. Tidak ada klausul pertandingan ulang karena suatu alasan.”

Lopez mengaku cukup banyak yang memprediksinya kalah. “Tidak apa-apa. Sekarang, Anda tahu, mereka harus memakannya. Dan sekarang saatnya kita mengambil alih dan bergerak maju. Itu dia. Sudah kubilang, bung.”

Lopez (16-0, 12 KO) menang dengan selisih besar pada dua dari tiga penilaian. Juri Tim Cheatham mencetak delapan ronde untuk Lopez (116-112), tetapi Julie Lederman (119-109) dan Steve Weisfeld (117-111), masing-masing sebelas dan sembilan ronde untuk Lopez.

Teofimo Lopez Sr dan putranya Teofimo Lopez Jr. (Foto: Mikey Williams)

Ayah dan pelatih Lopez, Teofimo Lopez Sr., setuju bahwa tidak ada alasan bagi juara persatuan penuh termuda di era empat sabuk untuk melawan Lomachenko lagi.

Lopez dari Brooklyn memiliki banyak pilihan apakah ia tetap berada di kelas di ringan atau naik ke kelas welter yunior untuk pertarungan berikutnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal Federasi Tinju Rusia, Umar Kremlev, tidak setuju dengan hasil pertarungan di MGM Grand’s Conference Center di Las Vegas. Teofimo Lopez mengalahkan Vasiliy Lomachenko dengan mutlak; 116-112, 119-109, 117-111.

“Pendapat pribadi saya, sangat menyedihkan ketika hakim menilai dengan cara ini. Terbukti bahwa Vasily menang,” katanya kepada tass.

Mantan juara dunia kelas penjelajah Grigory Drozd terkejut dengan cara Lomachenko bertanding, yang nyaris tidak melakukan pukulan apa pun selama enam ronde pertama.

“Saya langsung tersadar, Lopez jelas lebih besar, lebih lebar, memiliki kecepatan bagus dan pukulan yang bagus,” kata Drozd kepada Ria Novisti. “Dan kesannya adalah bahwa Vasily tidak siap untuk dimensi fisik seperti itu, atau dia tidak beradaptasi dengan divisi bobot yang lebih berat.”

“Jelas terlihat bahwa Vasiliy terlalu memikirkan pertahanan dan praktis tidak mengambil risiko apa pun. Dia bertinju dengan cara yang tidak biasa, agak pasif.” (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *