Ronde Aktual

Tinju itu Indah

Teofimo Lopez Sr Sebut Nilai 119-109 Skor Terbaik

Lopez bersama istri dan ayahnya Teofimo Lopez Sr. (Foto: Dok / Mikey Williams)

Rondeaktual.com – Ayah sekaligus pelatih juara dunia kelas ringan IBF, WBA Super, WBO, WBC, Teofimo Lopez, Teofimo Lopez Sr menyebut nilai 119-109 yang diberikan hakim Julie Lederman merupakan skor terbaik.

Lopez (Amerika Serikat, 23tahun) mengalahkan Vasiliy Lomachenko (Ukraina, 32 tahun) melalui pertarungan 12 ronde unifikasi kelas ringan di MGM Grand Conference Center, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Hakim Julie Lederman menilai 119-109, Tim Cheatham menilai 116-112, Steve Weisfeld menilai 117-111. Semua untuk Lopez, yang bertarung agresif sepanjang 12 ronde. Lopez kalah pada ronde 11.

“Tidak mungkin kami bisa dirampok dengan pertarungan ini, Anda tahu,” kata Lopez Sr. dalam konferensi pers pasca-pertarungan. “Meskipun mereka (Tim Cheatham) menilai 116-112, saya pikir itu konyol. Anda tahu, saya pikir skor yang tepat adalah 119- [109]. Saya bisa memberinya itu. Anda tahu, saya pikir hakim itu sedang menonton pertandingan yang kami lakukan. Saya pikir [dia] memiliki skor terbaik.

“Saya benar-benar tidak melihat [Lomachenko] memenangkan satu ronde karena, bagi saya, putra saya memukulnya dengan pukulan yang lebih besar,” kata Lopez Sr. “Dia bermain kotor di sana. Dia mencoba untuk memukulnya. Dia sering menampar kepalanya di matanya, dan saya mengatakan kepadanya, dengar, bung, jangan biarkan orang ini terus berjalan karena dia akan melukaimu.”

“Saya mengatakan kepadanya bahwa seperti sekitar ronde kedelapan, dan itu terjadi, Anda tahu? Tapi, ya, dia putus asa karena dia tahu bahwa dia hanya bisa menang dengan KO.”

Tetua Lopez segera merasakan bahwa Lomachenko akan kesulitan dengan strategi mereka.

Sebelumnya promotor Bob Arum mengatakan, petarung yang tepat menang, tetapi juri salah.

Arum blak-blakan mengutuk skor resmi dari pertandingan unifikasi kelas ringan yang berlangsung 12 ronde di MGM Grand Conference Center, akhir pekan (Sabtu, 17/10/2020).
.
Hakim Tim Cheatham menilai 116-112. karena memenangkan delapan ronde, tetapi dua hakim lainnya mengira Lopez menang dengan angka lebih jauh.

Julie Lederman menilai 11 dari 12 ronde untuk Lopez (119-109). Steve Weisfeld menilai sembilan ronde untuk Lopez dengan nilai 117-111.
Lederman hanya menilai ronde ke-11 untuk Lomachenko, yang sangat berhati-hati dan tidak aktif sepanjang paruh pertama pertarungan mereka.

“Saya memberi Lopez pertarungan, tapi skor itu konyol,” kata Arum kepada sekelompok kecil reporter di tepi ring. “Salah satunya adalah 119-109. Apa yang mereka bicarakan? Julie Lederman, pertarungan raja macam apa yang dia tonton? Para hakim ini gila.”

Cheatham dari Nevada mencetak putaran kedelapan, kesembilan, 10 dan 11 untuk Lomachenko dari Ukraina (14-2, 10 KO), yang kalah untuk pertama kalinya sejak Orlando Salido mengalahkannya dengan keputusan terpisah pada Maret 2014 di Alamodome di San Antonio. Cheatham tidak mencetak satupun dari tujuh ronde pertama untuk Lomachenko yang berusia 32 tahun, yang kehilangan gelar WBA Super, WBO, WBC.

CompuBox menghitung 42 pukulan lagi secara keseluruhan untuk Lopez (183-dari-659 berbanding 141-dari-321). Menurut CompuBox, Lopez mendaratkan lebih banyak pukulan bertenaga (148-dari-364 menjadi 78-dari-172), tetapi Lomachenko melakukan lebih banyak pukulan (63-dari-149 menjadi 35-dari-295).

“Lopez memenangkan pertarungan, ya, tapi Lomachenko memenangkan empat dari enam ronde,” kata Arum. “Dan saya memberinya satu dari enam yang pertama. Maksudku, itu benar-benar gila!”

Sementara dia tidak setuju dengan skor resmi, Arum memuji kinerja mengesankan Lopez melawan lawan favorit yang secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga petinju teratas, pound-for-pound, dalam olahraga tersebut.

“Dia bertarung dengan brilian,” kata Arum. “Dia bertinju. Dia tidak mencari KO. Dia melakukan pertarungan yang brilian. Saya memberi Lomachenko ronde kesembilan, 10 dan 11. Itu mudah. Dan saya pikir dia akan memenangkan ronde ke-12, dan itu akan menjadi seri. Tapi para hakim itu, pertarungan apa yang mereka tonton?”

Arum boleh saja bicara begitu. Tetapi sepanjang 12 ronde, kecuali ronde 11, mutlak milik Lopez. (rondeaktual.com / finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *