Ronde Aktual

Tinju itu Indah

David Haye: Dubois Butuh 5-7 Pertarungan

Dubois, promotor Frank Warren, dan Joyce. (Dok / Boxing Scene)

Rondeaktual.com – Mantan juara dunia kelas berat David Haye (Inggris) percaya pengalaman adalah kunci hasil Sabtu lalu antara Daniel Dubois (Inggris) dan Joe Joyce (Inggris). Menurut Haye, Dobius butuh 5-7 pertandingan lagi sebelum mencari nama besar.

Dubois berlutut menyerah pada ronde 10 dari 12 ronde yang direncanakan dan membiarkan wasit melakukan hitungannya. Saat itu dalam posisi unggul angka tetapi Dubois memilih berlutut untuk melindungi matanya dari kerusakan yang lebih buruk.

Joyce tahu mengapa Dubois melakukan apa yang dia lakukan pada Sabtu malam. Dubois menangani mata kiri yang rusak parah yang bengkak tertutup ketika dia harus meletakkan lututnya di atas kanvas ring sebagai tanda menyerah.

Joyce yang tak terkalahkan merasa Dubois “mundur” pada ronde ke-10 dari pertarungan kelas berat 12 ronde yang dijadwalkan di Church House di London.

“Ya, dia benar-benar berhenti,” kata Joyce kepada IFL TV dalam wawancara pasca-pertarungan, dikutip Boxing Scene. “Tapi itu bagus, maksudku, dia menyelamatkan matanya. Matanya jelas-jelas rusak dan itu menghancurkan hatinya. Maksudku, dia masih muda, dia bisa datang lagi, dan ‘The Juggernaut’s’ akan terus maju.”

Mata kiri Dubois mulai membengkak di babak awal, akibat jab keras Joyce yang menjadi andalannya sepanjang 10 ronde. Setiap ronde Joyce melepaskan jab dan mendarat bersih. Jab menjadi kunci kemenangan Joyce yang luar biasa.

Setelah itu terungkap bahwa Dubois mengalami patah tulang orbital dan kerusakan saraf.

Haye mengharapkan Dubois untuk bangkit kembali, tapi juga merasa butuh waktu bertahun-tahun untuk membangunnya kembali.

“Pengalaman sangat bermanfaat dalam game ini,” kata Haye. “Pergi ke Olimpiade dan pergi ke kejuaraan amatir Eropa dan Persemakmuran – memenangkan medali emas dan perak – Anda berjuang yang terbaik di dunia. Anda telah dicoba dan diuji – orang menguji dagu dan tubuh Anda.”

“Saya belum pernah melihat apa pun dari Dubois yang menunjukkan bahwa dia memiliki urusan apa pun di sana bersama Joe, selain rekor luar biasa dan rekor KO yang besar. Kami melihat bahwa dia belum siap untuk level itu. Selama lima atau enam ronde dia terlihat fantastis dan saya membuatnya menang sampai ronde enam.”

Menurut Haye, Dubois perlu santai. Dia sangat tidak senang dengan cara Dubois berlutut dan menyerah.

“Saya lebih suka pingsan. Saya melihat Dubois mulai belajar tetapi sulit untuk belajar dalam pertarungan melawan seseorang yang terus menerus mendatangi Anda. Joe Joyce pernah terpukul dan terluka sebelumnya tetapi dia percaya diri dengan kemampuan pemulihannya.”

“Dubois tidak akan siap untuk mengalahkan Oleksandr Usyk, yang kemungkinan akan mereka lihat selanjutnya. Secara teknis dia belum siap. Beri waktu tiga atau empat tahun – pasti.”

Setelah menyerah dengan cara berlutut, menurut Haye, membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan diri. (finon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *