Press "Enter" to skip to content

Febri Saputra: KONI Banyuwangi Masih Tutup Mata

Rondeaktual.com – Pendiri Real Boxing Camp Banyuwangi, Febri Saputra, SH bicara blak-blakan tentang kehidupan tinju amatir di Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyuwangi memiliki enam sasana tinju amatir dan salah satunya adalah Real Boxing Camp, milik Febri Saputra. Meski terbilang sasana lama, nama Real Boxing Camp Banyuwangi tidak diundang untuk mengikuti Musyawarah Kabupaten 2020.

Bagi Febri, tidak mudah untuk mempertahankan kehidupan sasana tinju di Banyuwangi. Harus berjuang sendiri.

“Saat ini saya biaya sendiri untuk atlet, dan dibantu pengurus untuk menggali anggaran,” kata Febri Saputra, seorang ASN di Banyuwangi. “Dokter juga ikut membantu. Kami harus mengeluarkan biaya rutin untuk belanja vitamin dan kesehatan. Biaya pakaian dan sepatu dalam setahun tiga kali ganti. Biaya try out atlet juga tinggi. Harus ditangani sendiri, karena kita memang membina atlet.”

“Itu yang rutin,” Febri meneruskan. “Belum lagi kalau sparring ada yang cedera, saya harus biaya sendiri. KONI sampai saat ini masih tutup mata dan anggaran Pertina Kabupaten Banyuwangi juga tidak transparan. Saya dan mungkin juga pemilik sasana tinju di Banyuwangi, sangat mengharap turunnya perhatian dari KONI. Kami setia membina atlet dan itu lebih bagus lagi bila KONI ikut mendukung,” imbuh lelaki kelahiran Banyuwangi, 10 Februari 1983.

Tinju Banyuwangi dimulai dari gebrakan berani seorang tentara bernama FK Sidabalok, pada 1984. Melalui sasana Blambangan Boxing Camp, sasana tinju di Banyuwangi tumbuh cepat dan pernah jatuh-bangun.

Pada 16 Oktober 1984, GOR Mojopanggung Banyuwangi menyelenggarakan pertandingan tinju kejuaraan Indonesia kelas welter yunior antara Thomas Americo (Marabunta Malang) melawan Jimmy Sinantan (Taman Tirta Surabaya).

Pertandingan dipromotori oleh FK Sidabalok (meninggal dunia 2019 di Bandung dengan pangkat kolonel) dimenangkan Thomas Americo melalui putusan angka 12 ronde.

Berbau kontroversial, Jimmy tidak puas dan mengamuk di kamar ganti. Dengan tangan kosong, Jimmy berkali-kali memukul tembok. Seseorang segera memanggil dokter pertandingan dan menyuntik Jimmy. Tak sampai satu menit, Jimmy lemas mengantuk dan tertidur. (finon)

REAL BOXING CAMP
Alamat: Jalan Citarum, Kemasan Panderejo, Banyuwangi, Jawa Timur.
Pendiri: Febri Saputra, SH.
Pelatih kepala: Febri Saputra.
Asisten pelatih: Rendra Saputra.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: