Press "Enter" to skip to content
Ketua Umum ATI Pusat, Manahan Situmorang, SE, MM, Sabtu, 1 Mei 2021. (Foto: Finon Manullang)

Terungkap Rencana Mundur Ketua Umum ATI Manahan Situmorang

Rondeaktual.com – Akhir pekan lalu, Sabtu, 1 Mei 2021, di sebuah kedai kopi di daerah Menteng, Jakarta Pusat, promotor Ona “JB” Henakin menggelar konferensi pers pertama. Acara diadakan untuk promosi partai kejuaraan Indonesia kelas bantam antara Adam Wijaya dengan Jeret Tilju.

Promotor mengundang beberapa tamu dan salah satunya adalah Ketua Umum Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) Pusat, Manahan Situmorang, SE, MM, 75 tahun.

Seorang wartawan yang mendadak ditunjuk sebagai MC, meminta Manahan Situmorang untuk memberikan sambutan.

Manahan Situmorang di acara konferensi pers yang digelar promotor Ona “JB” Henakin. (Foto: Finon Manullang)

“Sejak Polly Pasireron KO ronde kelima di Jeonju, Korea Selatan, saya sudah berniat untuk mengundurkan diri dari dunia tinju,” ungkap Manahan Situmorang.

Tiba-tiba suasana menjadi hening. Semua ingin mendengar. “Teman saya dari Surabaya, Setijadi Laksono meminta jangan mundur. Saya disemangati dan tidak jadi mundur.”

Manahan Situmorang bersama pelatih Kid Francis mengantar Polly Pasireron ke Jeonju, Korea Selatan, menantang juara dunia WBA kelas menengah super yang hebat, Chong Pal Park. Sebelumnya dalam kejuaraan OPBF di Jakarta, Seoul, dan Seoul, Park telah menghentikan langkah tiga petinju Indonesia, yang dimulai dari Rocky Joe, Suwarno, dan Valence Hurulean.

Pertarungan Polly-Park berlangsung pada hari Kamis, 1 Maret 1988. Tidak ada yang dapat menolong, Polly tumbang pada ronde kelima dan gagal membawa pulang sabuk juara dunia WBA kelas menengah super. Chong Pal Park menang KO pada ronde kelima yang sudah berjalan 2 menit dan 25 detik.

Sejak kekalahan dari Park, Polly mengantungkan sarung tinju. Sementara, Manahan meneruskan karirnya di organisasi tinju.

“Waktu itu saya ditelepon oleh teman saya, Pak Hendropriyono. Saya diminta masuk KTI. Namanya diminta oleh teman, saya terima. Saya menduduki posisi Ketua Harian KTI dan Pak Hendropriyono Ketua Umum waktu itu.”

Manahan tidak meneruskan karirnya di KTI, tetapi mendirikan badan tinju baru bernama Asosiasi Tinju Indonesia (ATI).

ATI dibentuk oleh Tim Enam, yang terdiri dari para tokoh tinju seperti Boy Bolang, Amar Singh, Daniel Bahari, Anthon Sihotang, Manahan Situmorang, Kid Francis.

Pada 2001, Manahan Situmorang terpilih sebagai Ketua Umum ATI Pusat. Sampai sekarang. (finon)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: