Press "Enter" to skip to content

Petinju Wanita 18 Tahun Meninggal Setelah Mengalami Cedera Kepala

Rondeaktual.com
Belum hilang trauma kematian petinju amatir asal Langkah, Sumatera Utara, Rina Diastari, kini datang lagi berita duka atas kematian petinju wanita Meksiko, Jeanette Zacarias Zapata, yang berusia 18 tahun.

Dikutip dari Fightnews.com dan Boxingscene.com, Jeanette Zacarias Zapata, meninggal dunia setelah mengalami cedera kepala. Zapata mengikuti pertandingan tinju pro di Montreal, Kanada, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Kematian itu sangat menyedihkan. Zapata yang bertanding di kelas welter
telah meninggal karena cedera yang diderita akibat kekalahan KO yang terjadi saat berhadapan dengan Marie Pier Houlento (Kanada).

Ini merupakan pertandingan pro keenam Zapata dan kelima bagi Houlento. Zapata menang dua kali dan memiliki rekor yang buruk empat kali kalah (tiga dengan KO).

Pertandingan berada di bawah pengawasan Quebec Boxing Commission bersama promotor Yvon Michel dan match maker Vincent Morin.

Zapata kehilangan kesadaran di akhir ronde keempat pertarungan kelas welter wanita melawan penduduk asli Quebec Marie-Pier Houleto pada undercard Kim Clavel-Maria Soledad Vargas yang diadakan di Stadion IGA, Montreal, pada 28 Agustus 2021.

Zapata pingsan di atas ring setelah pertarungan dihentikan dan dilarikan kerumah sakit. Dia menghabiskan beberapa hari di rumah sakit Montreal dalam keadaan koma. Dia tidak pernah sadar kembali sampai kematiannya.

Jeanette berasal dari kota Villa de Puertecitos di Aguascalientes, Meksiko, dan baru berusia 18 tahun.

Promotor Yvon Michel mengeluarkan pernyataan berikut: Dengan sangat sedih dan tersiksa kami mengetahui, dari perwakilan keluarganya, bahwa Jeanette Zacarias Zapata meninggal dunia sore ini pada pukul 15:45. Seluruh tim di tim Groupe Yvon Michel sangat sedih dengan pengumuman yang menyakitkan ini. Kami ingin menyampaikan belasungkawa yang paling tulus kepada keluarganya, orang-orang terkasih, teman-teman dan terutama suaminya Jovanni Martinez yang berada di samping tempat tidurnya sampai saat-saat terakhirnya.
Jovanni Martinez (suami Zapata) hancur dan sangat sedih. Dalam keadaan dia tidak ingin berkomentar, oleh karena itu kami meminta Anda menghormati keputusannya dan membiarkan keluarga memiliki privasi mereka.
Dalam periode yang menyakitkan ini, Anda akan mengerti bahwa Groupe Yvon Michel tidak berniat berkomentar lebih jauh.
Terima kasih atas pengertian Anda.

Kematian Zapata pertama kali dilaporkan oleh ESPN Deportes dan DAZN Mexico dan dikonfirmasi dalam sebuah pernyataan oleh promotor veteran Kanada Yvon Michel.

Zapata awalnya dalam kondisi kritis. Tapi dia mulai menunjukkan sedikit tanda-tanda perbaikan, cukup untuk, setidaknya, menurut Michel, mengesampingkan kebutuhan untuk operasi.

“Awalnya, para dokter ingin tahu apakah dia cukup stabil sehingga mereka bisa melanjutkan operasi,” kata Michel dalam konferensi pers yang diadakan Minggu. “Sebaliknya, kondisi otaknya telah membaik sehingga operasi tidak lagi diperlukan.”

Halaman GoFundMe untuk Zapata diluncurkan kemarin dengan tujuan mengumpulkan $ 14.000 untuk membantu pemulihan dan biaya pengobatan Zapata. Hingga Kamis malam, dana tersebut telah terkumpul $13.143. (finon / boxingscene.com / fightnews.com)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *