Press "Enter" to skip to content

Manny Pacquiao Kebobolan di Finis Ketiga Pilpres Filipina 2022

Rondeaktual.com

Mantan juara dunia tinju tujuh kelas yang berbeda Manny Pacquiao terpaksa menyerah setelah berjuang sampai akhir yang pahit dalam upayanya untuk menjadi presiden Filipina berikutnya.

Hasil Pemilu Filipina 2022 membuat Pacquiao menempati urutan ketiga jauh dalam pemilihan presiden, mendorong Senator itu saat untuk mengakui kekalahan Selasa malam. Pacquiao memperoleh 3.629.547 suara (6,86%) dengan lebih dari 98% dari daerah pemungutan suara melaporkan hasil pada Rabu pagi, jauh di belakang kemungkinan pemenang Ferdinand ‘Bongbong’ Marcos Jr., putra mantan presiden dan diktator Ferdinand Sr.

“Rakyat telah berbicara,” Pacquiao menyatakan dalam pidato konsesi dua menit yang ditujukan kepada rakyatnya. “Pemilu sudah selesai jadi mari kita beri persatuan kesempatan untuk perdamaian dan pembangunan negara kita. Keputusan saya untuk mencalonkan diri didorong oleh keinginan terbesar saya untuk melayani negara dan mengangkat kehidupan orang-orang Filipina yang miskin.”

“Dari tahun-tahun saya sebagai petinju, saya tahu bagaimana menerima kekalahan. Saya berharap meskipun saya kalah dalam pertarungan ini, rekan-rekan Filipina saya, terutama yang miskin, masih bisa menang. Jangan putus asa karena Tuhan kita tidak akan pernah meninggalkan kita.”

Pacquiao sebelumnya menjabat sebagai anggota kongres dua periode sebelum mengamankan kursi di Senat Filipina pada 2016. Masa jabatannya saat ini berakhir 30 Juni, yang ia harapkan untuk ditingkatkan menjadi presiden setelah mengumumkan tawarannya September lalu—satu minggu sebelum mengonfirmasi pengunduran dirinya secara resmi dari parlemen.

Sampai sekarang belum ada rencana masa depan yang pasti dari Pacquaio (62-8-2, 39KO) sebagai petinju atau politisi.

Petinju kidal legendaris itu belum pernah bertarung sejak kekalahan dua belas ronde atas Yordenis Ugas (27-5, 12 KO) dalam pertarungan perebutan gelar kelas welter WBA pada 21 Agustus 2021 di T-Mobile Arena, Las Vegas.

Menurut Pacquiao sendiri, waktu yang sangat dibutuhkan bersama keluarga adalah urutan pertama bisnisnya, meski sembari terus mengabdi pada negara tercinta.

“Kepada keluarga saya, terutama istri saya Jinkee yang bersama saya selama kampanye—terima kasih atas dukungan, pengertian, dan cintanya,” kata Pacquiao. “Aku sangat mencintai kalian semua. Kepada presiden kita berikutnya Ferdinand ‘Bongbong’ Marcos Jr., saya berdoa untuk keberhasilan pemerintahan Anda dengan banyak kesulitan di depan dan kehidupan yang terpengaruh.”

“Saya akan mengambil kesempatan ini untuk beristirahat dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya. Saya pasti akan melanjutkan misi kami untuk membantu orang-orang melalui yayasan Manny Pacquiao. Saya tidak akan pernah berpaling dari melayani bangsa kita dan untuk mereka yang membutuhkan. Mari terus mencintai Filipina. Mari bersatu untuk saling menguatkan. Terima kasih banyak kepada rekan-rekan Filipina saya atas kesempatan ini. Kalian semua sangat dicintai oleh Manny Pacquiao.” (finon / boxingscene.com)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *