Press "Enter" to skip to content
Juara Indonesia kelas bulu yunior Ricky Manufoe bersama istri dan kedua putri mereka.

Profil Singkat Juara Indonesia yang Masih Berkuasa

Rondeaktual.com – Finon Manullang

Seharusnya juara Indonesia ada 65 orang, dengan asumsi setiap badan tinju memiliki 13 juara.

Indonesia memiliki enam badan tinju, mulai dari KTI yang tertua disusul ATI, KTPI, FTI, FTPI, dan DTI. Setiap badan tinju menandingkan 13 kelas:

1. Kelas terbang mini.
2. Kelas terbang ringan atau sering disebut kelas terbang yunior.
3. Kelas terbang.
4. Kelas bantam yunior.
5. Kelas bantam.
6. Kelas bulu yunior.
7. Kelas bulu.
8. Kelas ringan yunior.
9. Kelas ringan.
10. Kelas welter yunior.
11. Kelas welter.
12. Kelas menengah yunior.
13. Kelas menengah.

Belakangan mulai ada pertandingan untuk kelas menengah super, kelas berat ringan, kelas penjelajah, dan kelas berat. Namun sangat disayangkan bahwa suap sudah mulai merusak citra tinju. Petinju sengaja memilih lawan yang akan dihadapinya dengan cara membayar lawannya untuk kalah. Sementara, promotor pura-pura tidak melihat dan membiarkan cara kotor seperti itu terjadi.

Bila enam badan tinju yang ada sekarang serius menjalankan organisasinya, maka juara Indonesia bisa mencapai 78 atau bahkan lebih jika lahir juara interim.

Tetapi, faktanya juara Indonesia sekarang tidak lebih dari 10 petinju, sudah termasuk mereka yang berbulan-bulan tidak mempertahankan gelar juaranya.

Berikut profil singkat juara Indonesia yang masih berkuasa.

1. ANDIKA SABU

Andika Sabu (Mirah Bali) adalah juara Indonesia versi KTPI kelas terbang ringan 48.988 kilogram.

Andika merebut gelar lowong melalui KO pada ronde keenam atas Stevanus Nana Bau (Lembata Jakarta) di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu, 29 Mei 2021.

Sudah hampir setahun Andika Sabu tidak pernah mempertahankan gelarnya. Padahal, dia hanya memiliki waktu enam bulan untuk mempertahankan gelar. Setelah itu lowong.

Andika adalah petinju Zainal Tayeb (manajer) dan Yance Mandagie (pelatih), di Kuta, Bali. Tetapi, Andika Sabu sekarang berada di Tangerang dan hadir pada acara konferensi pers tinju di Holywings Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

2. ASER KEWAS

Aser Kewas juara Indonesia versi KTPI kelas bantam yunior 52.163 kilogram Aser merebut gelarnya melalui unanimous decision 10 ronde atas Mektison Lahagu (Sibolga Tukka) di HS Boxing Ciseeng, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Juara Indonesia, Adam Wijaya. (Foto: Istimewa)

3. ADAM WIJAYA

Adam Wijaya (King Lembata Jakarta) adalah juara Indonesia versi ATI kelas bantam 53.524 kilogram.

Adam merebut gelar lowong melalui kemenangan angka 10 ronde atas Sulis Barrera (Manufoe Boxing Solo, Jawa Tengah) di Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu, 18 Desember 2021.

Sejak juara, Adam belum pernah mempertahankan gelar dan belum ada promotor yang mengikatnya. Adam ditangani Willem Lodjor (manajer) dan Pice Namang (pelatih).

4. EGER LAMANDOUW

Eger Lamandouw seorang juara Indonesia versi ATI kelas bulu yunior 55.338 kilogram.

Eger Lamandouw tinggal di Kalaimantan Tengah, merebut gelar lowong setelah menang TKO pada ronde keenam atas Jack Timor (Hartono Tanujaya Jakarta) di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu, 14 April 2021.

Tidak beda jauh dengan juara Indonesia lainnya, Eger bahkan sudah lebih satu tahun tidak pernah mempertahankan gelarnya.

Juara Indonesia kelas bulu yunior Ricky Manufoe.

5. RICKY MANUFOE

Ricky Manufoe (Manufoe Solo, kadang juga Manufoe Karanganyar) adalah seorang senior yang lompat ke kelas bulu yunior 55.338 kilogram dan sekarang juara Indonesia versi KTI.

Ricky Manufoe yang dikenal sukses berbisnis singkong keju di Solo, Jawa Tengah, merebut gelar juara lowong melalui unanimous decision 12 ronde atas veteran Iwan Key (Key Malang, Jawa Timur), di Sragen, Sabtu, 5 Maret 2022.

Ricky berlatih seorang diri dan manajernya adalah Donna Manufoe, seorang guru les Bahasa Mandarin, yang juga istrinya sendiri.

Ricky yang dihubungi melalui ponselnya Jumat, 13 Mei 2022, mengaku belum memiliki kontrak baru. Ricky memastikan tetap setia bersama promotor Suprapto David.

6. JUFRI KAKAUHE

Jufri Kakauhe seorang juara ATI kelas ringan yunior 58.967 kilogram. Jufri yang sebelumnya bersama Aquase Tanggerang, merebut gelar lowong kelas ringan yunior, setelah menang angka 10 ronde atas Egy Rozten (Rozten Acadamy Jakarta) di Studio 8 TVRI, Senayan, Jakarta, Jumat, 17 Desember 2021.

Jufri ditangani trio pelatih Jito Armando, Yunus Tiran, Indra Walan.

Gusti Elnino, sedang naik daun juara Indonesia dua kelas. (Foto: Finon Manullang

7. GUSTI ELNINO

Gusti Elnino seorang senior yang mendadak naik daun. Sejak bergabung dengan Victory Target Jakarta, Gusti Elnino berhasil tampil sebagai juara Indonesia kelas ringan. Bahkan sekarang Gusti satu-satunya juara Indonesia kelas ringan dua versi; KTPI dan FTPI.

Gusti merebut gelar lowong kelas ringan KTPI melalui TKO pada ronde ketujuh atas Egy Rozten (Rozten Acadamy Jakarta) di Lapangan Sepakbola Boibalan, Niki Niki, Amanuban Tengah, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, 6 November 2021.

Satu bulan kemudian di Studio TVRI, Senayan, Jumat, 3 Desember 2021, Gusti Elnino merebut gelar lowong kelas ringan versi FTPI melalui majority decision 10 ronde atas Rivo Rengkung (El Matador Salatiga).

Gusti Elnino dikenal dengan jab cepat yang mampu merobek pertahanan lawan dan hook kanan mematikan. Gusti ditangani Hodlif Hun (promotor dan manajer) dan Paa Powali (pelatih).

Juara Indonesia James Mokoginta.

8. JAMES MOKOGINTA

James Mokoginta (Nelson Nainggolan Jakarta) adalah petinju dengan talenta besar. Tangan kanannya dikenal keras dan mematikan.

James adalah juara ATI kelas ringan, yang merebut gelar lowong setelah memukul KO pada ronde ketujuh Hero Tito (Armin Tan Tangerang) di Holywings Club, Gatot Subroto, Jakarta, Minggu, 27 Februari 2022.

Empat hari kemudian, Hero Tito menghembuskan napas terakhir di rumah sakit. Jenazah dibawah pulang ke Malang dan dimakamkan di sana.

James asal Sulawesi Utara, termasuk petinju yang setia selama bertahun-tahun selalu bersama Nelson Nainggolan (promotor dan manajernya).

9. ORLANDO LIMAHELU

Orlando Limahelu, seorang kidal yang dan satu kampung dengan legenda tinju Ellyas Pical dari Saparua, Maluku.

Di masa amatir, Orlando berlatih bersama RE Boxing Jakarta kemudian pindah ke tangan Bonyx Saweho dan berlatih di Sario, Manado.

Orlando adalah juara kelas bantam Piala Kapolri II/2018 Manado sekaligus terpilih best boxer.

Orlando sekarang sudah juara tinju profesional versi ATI untuk kelas welter yunior. Orlando merebut gelar lowong melalui TKO pada ronde kedelapan atas veteran Philipus Rangga (Indonesia Warrior Gym Jakarta) di Studio 8 TVRI, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021.

Juara Indonesia tertua Larry Siwu.

10. LARRY SIWU

Larry Siwu (Mirah Boxing Camp Bali, belakangan berlatih di Kemayoran, Jakarta. Larry sekarang satu-satunya juara Indonesia tertua. Di usianya mendekati 40 tahun, Larry masih bisa menyandang gelar juara KTPI kelas menengah yunior 69.853 kilogram.

Larry merebut gelar lowong melalui KO pada ronde kelima atas Beni Tamaela (Solo Jawa Tengah) di Gedung Zainal Tayeb, Bali, Senin, 21 Juni 2021.

Finon Manullang
Menulis dari Desa Tridaya, Jawa Barat

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *