Press "Enter" to skip to content
Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak salam komando bersama Presiden IBA Umar Kremlev. (Foto: Istimewa)

Sejarah Baru dalam Tubuh Pertina: Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Dunia

Rondeaktual.com

Sepanjang 62 tahun perjalanan Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina), akhirnya Kejuaraan Dunia Tinju Amatir akan terjadi di Indonesia. Diperkirakan bisa berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, November 2022.

Itu merupakan sejarah besar bagi Pertina, yang selama ini sudah pernah menggelar pertandingan internasional seperti Asian Games, Piala Presiden RI, Piala Asia, dan SEA Games.

Tetapi untuk Kejuaraan Dunia belum pernah terjadi. Kali ini melalui Kongres Luar Biasa di Istanbul, Turki, 13-14 Mei 2022, Indonesia secara resmi menjadi tuna rumah Kejuaraan Dunia Tinju Amatir.

Itu sejarah. Sejumlah tokoh tinju Tanah Air langsung menyampaikan selamat kepada Pertina, yang sejak dipimpin oleh Ketua Umum Komaruddin Simanjuntak telah melalukan banyak kemajuan.

“Selamat dari saya, bahwa untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia. Belum pernah terjadi. Ini yang pertama. Babak baru bagi Pertina,” kata Ketua Pengprov Pertina DKI Jakarta, yang sekarang berada di arena SEA Games XXXI/2021 Hanoi, Vietnam.

Sementara, pelatih senior dari Provinsi Aceh, Dien Jauhari, juga menyatakan rasa bangga.

“Luar biasa untuk Ketum Pertina. Selama Republik Indonesia berdiri, baru pertama kali Indonesia ditunjuk sebagai penyelenggara kejuaraan dunia,” kata Dien Jauhari.

Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak bersama Presiden Asosiasi Tinju Internasional (IBA) Umar Kremlev di tengah berlangsungnya Kongres Luar Biasa IBA 2022 di Istanbul, Turki, 13-14 Mei 2022. (Foto: Istimewa)

Delegasi Indonesia dipimpin langsung oleh Ketua Umum PP Pertina, Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak. Menurut Komaruddin, ini sebuah kepercayaan besar bagi Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia tinju amatir.

Komaruddin Simanjuntak mengakui, kerja keras bersama timnya harus melewati beberapa persaingan, termasuk bidding mengalahkan 37 negara, yang mengajukan diri sebagai calon tuan rumah.

Prestasi besar Komaruddin Simanjuntak dan timnya dan kepercayaan dunia tinju amatir kepada Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia tinju amatir mendapat ucapan selamat dari Presiden IBA, Umar Kremlev, yang baru saja terpilih kembali sebagai Presiden IBA melalui Kongres Luar Biasa di Istanbul. (finon / foto: istimewa)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *