Press "Enter" to skip to content
Manny Pacquiao dan King Fahf, Nusa Dua, Minggu, 18 September 2022. (Foto: Istimewa)

Wawancara King Fahd: Sekolah Tinju Kado Terbesar

Rondeaktual.com

King Fahd, 35 tahun (kelahiran Jakarta, 14 September 1987) membuat kejutan besar. Di tengah lesunya tinju amatir dan pro Tanah Air, Fahd, seorang petinju pro kelas berat ringan, menyampaikan gagasannya untuk membuka sekolah tinju.

Tidak main-main. Fahd (sebelumnya pernah manajer artis untuk Roy Kiyoshi, Romy Rafael, Evelyn Anjani) berkolaborasi dengan mantan juara dunia yang hebat asal Filipina, Manny Pacquiao. Fahd menyebut nama sekolah tinju yang akan berdiri itu bernama Manny Pacquiao Boxing Academy, di Jakarta.

“Ini kado terbesar, membangun sekolah tinju bersama Manny Pacquiao,” katanya. Berikut petikan wawancara King Fahd, pendiri King Fahd Academy Gym Tangerang Selatan.

Mantan petinju ternama Falazona Fidal bersama King Fahd, Nam Center, 20 Mei 2022. (Foto: Finon Manullang)

Jujur, saya sangat terkejut mendengar berita tentang rencana Anda untuk mendirikan sekolah tinju bersama nama besar Manny Pacquiao. Sejak kapan mengenal Pacquiao?

Baru kenal, beberapa bulan yang lalu melalui Ziko.

Siapa Ziko?

Ziko seorang teman, juga trainer boxing di Jakarta.

Setelah saling mengenal, akhirnya kami sepakat bertemu di Nusa Dua, Bali. Hari Minggu, 18 September 2022, sudah tanda tangan kontrak kerja sama di bidang sekolah tinju. Nama beliau sudah mendunia.

Pacman bersama Gleen, seorang lawyer. Saya bersama Arlina King Fahd, istri saya. Setelah urusan di Bali selesai, kami segera kembali ke Jakarta. Segera bekerja.

Kontrak itu untuk lima tahun, tapi Pacman bilang, kalau bisa selamanya, jangan lima tahun.

Bagaimana dengan pembagian uang?

Kita tidak bicara itu. Pacman orangnya sangat ramah. Sangat sederhana. Sasana tinju akan kita dirikan sendiri, Bangun yang baru.

Ada dua sports, untuk member dan atlet. Member siapa saja silakan kalau mau datang dan bayar. Tinju member sudah umum. Bayar per visit atau kebanyakan member suka ambil jadwal bulanan. Lebih hemat.

Untuk calon atlet, yang usianya sebelas dan belum lima belas tahun, akan kita rekrut dengan cara mendaftar. Siapa orang tua yang memiliki anak, putra dan putri, bila tertarik silakan mendaftar ke sasana langsung. Tempatnya akan kita umumkan nanti.

Selain asrama tinju, kita ada dokter, psikiater, makanan atlet yang terjamin. Semua kita siapkan.

Bagi calon atlet yang lolos dari persyaratan, bisa tinggal di asrama tinju.

Dengan cara seperti itu, saya yakin sekolah tinju ini akan melahirkan atlet yang berprestasi.

Dari dulu, cita-cita saya membangun sekolah tinju sebagai jalan untuk mengantar mereka meraih prestasi besar.

Serius sekali.

Ya. Sangat serius. Kebetulan, saya dan Pacman memiliki visi dan misi yang sama, membawa petinju ke pentas dunia.

Setelah dilatih satu sampai tiga tahun, kita akan bawa mereka ke arena pertandingan dalam versi pertandingan tinju pra muda atau sebelum masuk kategori yunior (tinju amatir sering menandingkan tinju cilik di bawah umur 12 tahun, menandingkan junior 15-16 tahun, youth 17-19 tahun, dan elite 19-40 tahun).

Selain membuka sekolah tinju bernama Manny Pacquiao Boxing Academy, saya juga harus memikirkan masa depan mereka. Harus menyelenggarakan pertandingan. Kita bisa gabung pertandingan tinju amatir dan profesional. Nanti namanya pembinaan tinju Ampro, amatir dan profesional.

Untuk pertandingan, bagi saya tidak ada masalah. Saya pernah menyenggarakan pertandingan tinju pro level Asia, di tempat mewah Balai Sarbini Jakarta. Saya promotor dan juga petinju.

Anak-anak tinju dari Manny Pacquiao Boxing Academy bisa bertanding di Indonesia atau di Filipina. Seperti pertukaran pelajar.

Siapa saja yang akan ditunjuk sebagai pelatih, apakah di antaranya Falazona Fidal?

Ya, Bang Falazona Fidal (salah satu petinju yang pernah menjatuhkan mantan juara dunia IBF Nico Thomas) masuk. Saya kira Bang Falazona orang yang tepat.

Selain Falazona, masih ada dari Bali, Larry Siwu, yang akan menjadi pelatih dan Ziko sebagai pelatih fisik atau pelatih, pengkondisian.

Pacman akan mengirim satu pelatih, sebagai pelatih tetap di Indonesia. Sedangkan Pacman, beliau sudah berjanji siap datang setiap dua atau tiga bulan untuk memberikan pelajaran tinju. Itu penting untuk memotivasi.

Pacman bilang ke saya, olahraga itu sangat penting, terutama tinju, sebab beliau sudah cukup lama di tinju. Olahraga tinju sangat penting untuk generasi kita seterusnya.

Kapan mulai jalan.

Barangkali Desember. Lokasi sekolah tinju mungkin lebih cocok di Senayan, atau Bintaro, atau BSD City.

Tinggal tiga bulan lagi.

Ya, sudah dekat. Semua akan kita persiapkan. Kita sudah menandatangani kontrak perjanjian kerja sama di bidang olahraga tinju. Ini tidak mendadak. Kita sudah jalan, tetapi tidak publish. Malu kalau tidak jadi.

Pada saat pembukaan sekolah tinju Desember mendatang, bukan tidak mungkin kita menandingkan Manny Pacquiao dalam partai ekshibisi.

Pacman setuju. Tinggal nanti kita pilih lawan dari Indonesia siapa yang pas untuk menghadapi Manny Pacquiao. Kelas Pacman banyak di Indonesia.

Finon Manullang

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *