Press "Enter" to skip to content

Avni Yildirim: Harapan Kelas Menengah Super Bangsa Turki

Petinju kelas menengah super asal Turki, Avni Yildirim. (Dok / BS / Fightnews)

Rondeaktual.com – Avni Yildirim adalah petinju kelas menengah super yang sekarang menjadi harapan bagi bangsa Turki. Pria gagah ini kelahiran Istambul, 29 tahun silam, dengan rekor menang-kalah 21-2, 12 KO.

Sejak tahun lalu, Avni Yildirim sudah dipromosikan untuk pertarungan besar melawan bintang tinju Meksiko, Saul Canelo Alvarez.

Tetapi, jalan Yildirim seolah dipotong oleh Callum Smith (Inggris), yang menghadapi Canelo dan dia kalah di Alamodome, 19 Desember 2020.

Bulan depan, Sabtu 27 Februari 2021, giliran Yildirim yang maju menghadapi Canelo. Laga Canelo-Yildirim dijadwalkan 12 ronde untuk gelar WBA Super kelas menengah super dan gelar WBC kelas menengah super. Canelo adalah juara dan Yildirim penantang wajib.

“Saya merasa terhormat,” kata Yildirim kepada Fightnews. “Saya datang untuk membuat negara saya bangga. Saya mewakili seluruh Turki.”

Yildirim pernah gagal tes narkoba. Pada tanggal 26 September 2019, Asosiasi Anti-Doping Sukarela (VADA) melaporkan kepada World Boxing Council (WBC) bahwa sampel “A” petinju Turki kelas menengan super peringkat 1 WBC, Avni Yildirim, bermasalah.

Kasus tersebut dianggap sudah bersih. Yildirim fokus 100% untuk mengalahkan Canelo. Bila Yildirim dapat mematahkan langkah Canelo dan membawa pulang sabuk WBA dan sabuk WBC, maka ia akan tercatat dalam sejarah sebagai petinju Turki pertama yang memenangkan gelar juara dunia.

Yildirim memulai karir tinju pro setelah cukup lama bertanding di amatir. Pada 22 Maret 2014, di negaranya di Turki, Yildirim tampil pertama di ring pro dan memenangkan pertandingan 4 ronde melawan David Ribakoni.

Pada pertandingan pronya yang ke-6 di Mana Studios, Miami, 15 Agustus 2015, Yildirim menang angka 10 ronde atas Glen Johnson. Yildirim membawa pulang sabuk WBC International Silver kelas berat ringan.

Yildirim pernah mencoba kejuaraan dunia versi IBO kelas menengah super, berlangsung di Stuttgart, Jerman, 7 Oktber 2017. Sayangnya dia menderita KO ronde ketiga di tangan Chris Eubank Jr (Inggris).

Yildirim mencoba melupakan Eubank dan berhasil merebut gelar WBC International kelas menengah super. Namun, sekali lagi dalam kejuaraan dunia, Yildirim gagal. Ia kalah angka atas Anthony Dirrell dalam kejuaraan gelar lowong WBC kelas menengah super.

Menghadapi Dirrell merupakan pertandingan terakhir Yildirim, yang berlangsung di Minneapolis, 23 Februari 2019.
Menghadapi Canelo di Florida, 27 Februari 2021, adalah jalan ketiga bagi Yildirim dalam upaya memenangkan gelar juara dunia tinju.

Canelo adalah favorit. Yildirim underdog. Tak selamanya underdog itu kalah.

TENTANG AVNI YILDIRIM

Nama: Avni Yildirim.
Kebangsaan: Turki.
Lahir: 5 Agustus 1991.
Julukan: The Turkish Wolf.
Kelas: Menengah super 76.204 kilogram.
Tinggi: 182 sentimeter.
Jangkauan: 178 sentimeter.
Bertanding: 23 kali.
Menang: 21 (12 dengan KO).
Kalah: 2 kali.
Jadwal tanding: Florida, AS, 27 Februari 2021, melawan Saul Canelo Alvarez untuk kejuaraan dunia kelas menengah super versi WBA Super dan WBC. (Finon Manullang)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: