Press "Enter" to skip to content
Usyk menggoyahkan Fury. (Foto: Dok/Top Rank)

Oleksandr Usyk Juara Dunia Sejati 5 Sabuk Tak Terbantahkan

Rondeaktual.com

Oleksandr Usyk yang umurnya sudah 37 tahun membuat sejarah besar sebagai juara dunia sejati kelas berat lima sabuk (WBA Super/WBC/IBF/WBO/IBO). Usyk (22-0-0, 14 KO) menjadi juara tak terbantahkan, setelah mengalahkan Tyson Fury (35-1-1, 24 KO) di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu malam, 18 Mei 2024, atau Minggu pagi WIB.

Usyk membuat Fury berantakan di Kingdom Arena, Riyadh, Sabtu malam, 18 Mei 2024. (Foto: Dok/Top Rank)

Dikutip Fightnews.com, dalam pertarungan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk kejuaraan kelas berat dunia yang tak terbantahkan, juara WBA Super/IBF/WBO/IBO Oleksandr Usyk merebut sabuk juara WBC milik Fury dengan keputusan split dua belas ronde. Usyk menekan aksinya dan membuat Fury bekerja setiap saat. Fury melakukan pukulan bagus pada tubuhnya sementara Usyk melakukan pukulan lurus ke kiri ke kepala. Fury mulai menemukan jangkauannya di ronde keempat, melakukan serangan dari jarak jauh. Fury menyakiti Usyk dengan tembakan ke badan di ronde keenam. Usyk menyesuaikan dengan beberapa koneksi bagus untuk menaungi ronde ketujuh. Usyk berulang kali terhubung dengan Fury di ronde delapan. Usyk mengguncang Fury dan menjatuhkannya pada ronde sembilan. Fury terguncang dan nyaris tidak bisa bertahan. Fury berusaha melakukan tinju dari jarak jauh di ronde sepuluh dan sebelas. Di babak final, keduanya punya momen masing-masing. Skornya 115-112 dan 114-113 untuk Usyk. Satu hakim lainnya memberikan 114-113 untuk Fury.

Oleksandr Usyk (Ukraina) menjadi orang ketiga yang meraih status tak terbantahkan di dua kelas bersama Terence Crawford (Amerika Serikat) dan Naoya Inoue (Jepang).

Gelar tersebut hanya dapat diperebutkan untuk waktu yang singkat karena IBF tidak mengizinkan pertandingan ulang otomatis.

Tetapi, klausul pertandingan ulang sudah ditandatangani. Fury mempunyai kesempatan untuk menebus kekalahannya pada September atau sebelum 2024 habis. (Finon Manullang)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *