Press "Enter" to skip to content

25 Tentang Mike Tyson yang Luar Biasa

Rondeaktual.com – Coretan Finon Manullang

Kisah tentang Mike Tyson (juara dunia termuda sepanjang sejarah kelas berat) tak pernah habis. Meski era “The Iron Mike” sudah lama berlalu, tetapi Tyson hampir tidak pernah jauh dari tinju. Tyson selalu membuat berita.

Belum lama, Tyson mengumumkan rencana pertarungan delapan ronde durasi dua menit melawan Jake Paul, tayang di Netflix, Sabtu, 20 Juli 2024.

Rencana pertarungan Tyson-Paul dibatalkan. Tyson dikabarkan sakit maag. Berikut 25 tentang Mike Tyson yang luar biasa.

1. NAMA- Michael Gerard Tyson.

2. NAMA RING – Mike Tyson.

3. JULUKAN – Iron Mike. Tyson juga dijuluki sebagai The Baddest Man on the Planet (manusia paling sadis di planet).

4. KEBANGSAAN – Amerika Serikat.

5. LAHIR – Brooklyn, New Yorok City, New York, Amerika Serikat, 30 Juni 1966.

6. USIA – 57 tahun.

7. TINGGI – 178 sentimeter. Banyak yang menulis Tyson 180 sentimeter.

8. PERTAMA NAIK RING – Tyson menang TKO-1 melawan Hector Mercedes di Albany, New York, 6 Maret 1985.

9. JUARA DUNIA TERMUDA – Cus D`Amato, pelatih yang menemukan bakat tinju Mike Tyson di dalam penjara, tidak pernah melihat “anak yang ditemukannya itu” menjadi juara dunia.

D`Amato meninggal pada November 1985. Sedangkan Tyson menjadi juara dunia di Las Vegas, 22 November 1986.

Tyson melepaskan jab-jab disusul long hook dan straight menjatuhkan juara dunia WBC kelas berat Trevor Berbick (Kanada). Berbick jatuh-bangun. Berkali-kali dan berguling-guling di atas kanvas ring.

Wasit Mills Lane harus menghentikan pertandingan, setelah Tyson empat kali menjatuhkan juara dunia Trevor Berbick (sekali ronde pertama dan tiga kali ronde kedua).

Ketika menjatuhkan Berbick, Tyson berusia 20 tahun dan 145 hari, yang mengantarnya menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah kelas berat. Tyson merobek rekor juara dunia kelas berat termuda Floyd Patterson 21 tahun dan 331 hari.

Sampai sekarang rekor juara dunia kelas berat termuda masih dipegang Tyson; 20 tahun dan 145 hari.

10. JUARA UNDISPUTED – Mike Tyson tercatat sebagai orang pertama juara dunia kelas berat sejati tak terbantahkan (undisputed).

Tyson menang melalui unanimous decision dua belas ronde melawan Tony Tucker di Las Vegas, 1 Agustus 1987.

Kemenangan tersebut sangat bersejarah. Tyson menjadi orang pertama menggabungkan tiga gelar juara dunia kelas berat (WBA/WBC/IBF).

Di era itu baru tiga badan tinju, karena IBO dan WBO belum dipertandingkan.

Setelah Tyson, juara dunia kelas berat undisputed berikutnya adalah; James “Buster” Douglas, Evander Holyfield, Lennox Lewis (era empat sabuk, WBA/WBC/IBF/IBO), dan terakhir yang baru saja naik daun adalah Oleksandr Usyk (era lima sabuk, WBA/WBC/IBF/IBO/WBO).

 11. KEKALAHAN PERTAMA – James “Buster” Douglas adalah orang pertama yang mengalahkan Tyson. Sebagai underdog besar, Douglas berhasil memukul KO Tyson pada ronde 10 yang luar biasa di Tokyo Dome, Tokyo, Jepang, 11 Februari 1990. Tyson kehilangan gelar WBC/WBA/IBF.

Kalah, Tyson tidak suka dan menuding wasit asal Meksiko, Octavio Meyran sengaja memperlambat hitungan sehingga Dauglas selamat dari kemungkinan KO pada ronde kedelapan. Setidaknya, Douglas mendapat keuntungan dua detik atau kelebihan dua hitungan.

Tetapi apa pun itu, kemenangan Douglas yang tidak disangka-sangka, diakui sebagai salah satu kemenangan terbesar dalam sejarah kejuaraan kelas berat. Sampai sekarang.

12. BANGKIT DARI KEKALAHAN – Setelah tersungkur di tangan Douglas, Tyson membutuhkan empat bulan agar bisa kembali berbahaya di dalam ring. Ia dipertemukan dengan lawan murah Henry Tillman dan dimenangkan Tyson hanya dalam 2 menit dan 47 detik, di Caesars Palace, 16 Juni 1990.

Setelah melewati Tillman, Tyson menghentikan Alex Stewart dalam 2 menit dan 27 detik. Menang TKO-7 melawan Donovan Ruddock.

Tidak suka dihentikan wasit terlalu cepat, Ruddock menuntut tanding ulang. Tyson kembali mengalahkan Ruddock, tapi kali ini dengan angka 12 ronde.

13. KASUS PEMERKOSAAN – Sebelum menuju promosi kejuaraan dunia yang kedua, Tyson bermasalah dengan hukum.

Berdasarkan berbagai laporan, Tyson ditangkap pada Juli 1991 karena pemerkosaan terhadap ratu kecantikan Desiree Washington, yang berusia 18 tahun di kamar hotel Indianapolis.

Tyson membantah terjadi pemerkosaan, melainkan suka sama suka.

Tyson dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan empat tahun masa percobaan. Tyson bebas dari penjara pada bulan Maret 1995, setelah menjalani hukuman kurang dari tiga tahun.

14. KELUAR DARI PENJARA – Setelah keluar dari penjara, Mike Tyson kembali naik ring dan tentu saja menggempar dunia. Dengan mudah Tyson menghabisi perlawanan Peter McNeeley, yang berlangsung di MGM Grand Garden Arena, Paradise, 19 Agustus 1995.

Pertandingan berjalan sangat brutal, ditayangkan langsung Indosiar. Tak sampai dua menit, McNeeley knocked down dua kali.

Wasit Mills Lane datang menghentikan pertandingan, setelah melihat manajer McNeeley masuk ke dalam ring.

15. KEMBALI JUARA DUNIA – Setelah keluar dari penjara, Mike Tyson masih bisa merebut gelar juara dunia kelas berat. Tyson dengan mudah menang TKO-3 atas Frank Bruno, kelas berat Inggris yang sangat popular di masa itu, di MGM Grand Garden Arena, Paradise, 16 Maret 1996.

Tyson, untuk kedua kalinya, merebut gelar juara dunia WBC kelas berat.

Pada pertandingan sebelumnya di Las Vegas Hilton, 25 Februari 1989, Tyson menang TKO-5 melawan Bruno. Tyson mempertahankan gelar undisputed WBA/WBC/IBF.

16. GIGIT TELINGA HOLYFIELD – Tyson dua kali bertanding melawan Evander Holyfield yang sangat bersejarah. Tyson dua kali kalah.

Pertama, Tyson kalah TKO-11 di tangan Holyfield di MGM Grand Garden Arena, 9 November 1996. Tyson kehilangan gelar WBA.

Kedua (ini paling parah dan menimbulkan kemarahan dunia), Tyson kalah diskualifikasi pada ronde ketiga. Wasit menghentikan pertandingan setelah Tyson menggigit telinga Holyfield sampai sompal. Holyfield melompak-lompat dan berputar-putar di dalam ring menahan gigitan lawan.

Sehari setelah pertandingan, petugas ring menemukan bekas gigitan Tyson di lantai.

Setelah kejadian, komisi tinju mengeluarkan aturan menahan sisa bayaran petinju yang dinyatakan kalah diskualifikasi. Komisi melakukan penyelidikan. Jika ditemukan pelanggaran, maka sisa bayaran akan ditahan.

17. KALAH DI TANGAN LEWIS – Salah satu pertarungan terbesar yang pernah terjadi, ketika Tyson bertarung melawan Lennox Lewis (Inggris), di Memphis, Tennessee, 8 Juni 2002.

Itu untuk perebutan gelar WBC/IBF/IBO. Hasilnya begitu pahit bagi Tyson, tumbang KO pada ronde delapan. Wasit Eddie Cotton menghitung sampai habis. Tyson tidak mampu berdiri untuk meneruskan sisa ronde.

Nilai tiga hakim sampai ronde tujuh, Tyson tertinggal 64-68, 64-68, 64-68. Pada ronde empat, wasit memberikan waring (mengurangi) satu poin Lewis karena curang mendorong Tyson sampai terjatuh.

18. KEKALAHAN TERAKHIR – Setelah tumbang KO di tangan Lewis, Tyson masih naik ring tiga kali.

Berdasarkan Wikipedia, Tyson terakhir naik ring dan kalah di tangan Kevin McBride di Washington DC, 11 Juni 2005. Tyson menyerah pada ronde enam, menolak meruskan ronde tujuh.

19. DAFTAR KEKALAHAN TYSON – Sepanjang karirnya, Tyson enam kali menderita kekalahan.
1. KO-10 di tangan James Duster Douglas. Tyson kehilangan gelar WBC/WBA/IBF.
2. Tyson TKO-11 di tangan Evander Holyfield. Tyson kehilangan gelar WBA.
3. Tyson kalah diskualifikasi. Wasit menghentikan pertandingan setelah ronde ketiga selesai, akibat ulah Tyson menggigit telinga Holyfield sampai sompal.
4. KO-8 di tangan Lennox Lewis. Tyson gagal merebut gelar WBC/IBF/IBO.
5. KO-4 di tangan Danny Williams, non-gelar 10 ronde.
6. TKO-6 melawan Kevin McBride di Washington. Ini merupakan pertandingan terakhir Mike Tyson.

20. PERTANDINGAN EKSHIBISI – Setelah kekalahannya yang begitu pahir melawan Kevin McBride pada 11 Juni 2005, Tyson masih naik ring untuk partai iseng-iseng alias ekshibisi.

Salah satu pertandingan ekshibi terbesar Tyson terjadi ketika ia melilih salah satu legendaris Roy Jones Jr. bertanding untuk delapan ronde kali dua menit. Berlangsung tanpa penonton era COVID-19 di Staples Center, Los Angeles, California, Sabtu, 28 November 2020.

Pertandingan diputuskan draw. Christy Martin (mantan juara dunia wanita kelas menengah yunior WBC) memberikan nailai 76-76, Chad Dawson (mantan juara dunia kelas berat ringan) 80-72, untuk Tyson. Vinny Paz (mantan juara dunia kelas ringan WBC) 80-76 untuk Jones.

Banyak pendapat mengatakan, pertandingan itu adalah milik Tyson, bukan draw.

Empat tahun kemudian, Tyson yang umurnya sudah 57 tahun dijadwalkan naik ring lagi melawan Jake Paul, 27 tahun.

Semua orang sudah sepakat untuk delapan ronde kali dua menit dalam atauran tinju siaran langsung Netflix, Sabtu, 20 Juli 2024.

Ternyata B.A.T.A.L.

Finon Manullang, penulis buku “Perjalanan Tinju Indonesia” edisi 2023.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *