Press "Enter" to skip to content
(Ilustrasi) Beibut Shumenov, Kazakhstan, kembali menjadi juara dunia WBA reguer cruirwweight. (The Ring Magazine)

Gelar WBA Shumenov Dilucuti

Petinju Kazakhstan, Beibut Shumenov menjatuhkan lawan di sudut merah. (Foto: Dok / The Ring Magazine)


Rondeaktual.com –
WBA (Persatuan Tinju Dunia) melucuti gelar juara dunia kelas penjelajah yang disandang Beibut Shumenov, 37 tahun.

Petinju Kazakhstan itu lebih dua tahun tidak naik ring. Shumenov yang berbasis di Las Vegas, merebut gelar lowong WBA Cruiserweight di Astana, 7 Juli 2018, setelah menghentikan Hizni Altunkaya.

WBA mendorong pemegang gelar sementara Ryad Merhy (Belgia) menjadi juara penuh. Merhy harus menghadapi Yuniel Dorticos (Kuba) di pertandingan berikutnya. Dikutip dari Fightnews dan Boxing Scene.

Pada bulan Oktober tahun 2018, dia diperintahkan untuk menghadapi Arsen Goulamiriam. Pada Januari 2019, WBA mengadakan lelang untuk bertarung dan Don King Promotions dianugerahi hak untuk membuat pertandingan pada Mei 2019.

Namun, masalah kesehatan menghalangi Shumenov untuk bertarung dan dia menyerahkan kasusnya kepada Komite Medis WBA, yang memberi tahu Komite Kejuaraan bahwa, memang, Shumenov tidak cocok untuk naik ring pada saat itu.

Situasi seperti itu membuat statusnya sebagai Champion in Recess sampai Agustus 2019, ketika Don King menyusun pertandingan untuk Shumenov.

Pada September 2020 ia diperintahkan untuk melawan Ryad Merhy tetapi tim Shumenov meminta izin khusus untuk menghadapi Raphael Murphy pada 29 Januari.

Pada 22 Januari, Shumenov dan timnya mengirimkan komunikasi yang memberi tahu WBA bahwa mereka telah mundur dari pertandingan tersebut.

Sebagaimana aturan C.14 menyatakan, A. Boxers, perwakilan mereka, dan promotor berkewajiban untuk “mengetahui dan akrab dengan semua aturan Asosiasi. Aturan C.13, B. Seorang juara harus tetap aktif dan secara teratur mempertahankan gelarnya. Dalam enam puluh (60) hari setelah berakhirnya periode pertahanan wajib, seorang juara dibatasi untuk melawan hanya pesaing wajib atau pesaing terkemuka yang tersedia, dan aturan C.27 menyatakan bahwa gelar, status, atau pengakuan petinju dapat hilang, dihapus, atau dikosongkan karena tiga alasan, kalah dalam pertarungan, pelanggaran aturan Asosiasi atau dugaan tindakan kriminal yang ditemukan oleh badan nasional.

Keputusan WBA didasarkan pada aturan internal. Shumenov belum mempertahankan gelarnya selama lebih dari tiga puluh (30) bulan meskipun WBA meminta agar dia berpartisipasi dalam salah satu dari banyak peluang yang diberikan kepadanya.

Oleh karena itu, pengakuan tersebut dicabut dan kini Merhy menjadi juara kelas penjelajah. Orang Belgia itu memiliki waktu 30 hari untuk merundingkan pertandingan dengan Dorticos. Jika tidak ada kesepakatan yang tercapai, WBA akan membuka lelang. Aturannya adalah 75% untuk Merhy dan 25% untuk Dosticos. (finon)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: