Press "Enter" to skip to content
Ryan Garcia. (Dok/Boxing Scene/Amanda Westcott)

Ryan Garcia Punya Masalah Besar, Positif Menggunakan PED

Rondeaktual.com

Petinju AS, Ryan Garcia “Kingry” (26 tahun, 25-1, 20 KO) yang tampil “gila-gilaan” saat menghadapi Devin Haney ((25 tahun, 31-1, 15 KO) di Barclays Center di Brooklyn, New York, Sabtu malam, 20 April 2024, dinyatakan positif menggunakan zat terlarang untuk meningkatkan performa yang dikenal sebagai ostarine.

Garcia bertarung hebat sepanjang 12 ronde untuk mengalahkan Haney, dengan catatan tiga knockdown.

Meski Haney tiga kali jatuh, keputusannya adalah majority decision (Max DeLuca 112-112, Eric Marlinski 114-110, Robin Taylor 115-109). Banyak anggapan seharusnya unanimous decision. Nilai 112-112 yang diberikan Max DeLuca patut dicurigai.

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Asosiasi Anti-Doping Sukarela (VADA) yang berbasis di Las Vegas, dan seseorang yang mengetahui proses tersebut melaporkan zat kedua, yang dikenal sebagai 19-norandrosterone, “disaring positif” dan “sedang dikonfirmasi oleh” Carbon Isotope. Pengujian rasio.

Penulis tinju Dan Rafael pertama kali melaporkan hasilnya.

“Hasil tes biasanya memerlukan waktu pemrosesan 72 jam jika dilakukan secara terburu-buru,” kata seorang pakar doping.

Kecurigaan dimulai dari penimbangan badan. Garcia kelebihan berat badan 3,2 pon dan harus membayar denda tarunhan dengan Haney sampai $1.5 juta. Garcia membagikan serangkaian postingan media sosial yang aneh dan berbicara tentang minum alkohol dan merokok ganja.

Golden Boy Promotions, yang mewakili Garcia, merilis pernyataan pada laporan PED hari Rabu: “Ryan telah mengeluarkan banyak pernyataan yang menyangkal dengan sengaja menggunakan zat terlarang – dan kami mempercayainya. Kami bekerja sama dengan timnya untuk menentukan bagaimana temuan ini terjadi dan akan membahasnya lebih lanjut setelah kami menyelesaikan proses tersebut.”

Victor Conte, pendiri BALCO dan sekarang menjadi penasihat khusus dan juru bicara Haney, mengatakan kepada BoxingScene pada hari Rabu bahwa dia diberitahu tentang tes positif Garcia oleh seorang pengacara Haney yang telah melihat laporan VADA dan berbagi berita tersebut dengan Devin Haney dan ayah sekaligus pelatihnya Bill Haney.

Devin Haney bertanya kepada Conte apa efek zat tersebut dan diberi tahu “keduanya memiliki efek anabolik, meningkatkan kinerja secara menyeluruh,” kata Conte.

Conte mengatakan 19-norandrosterone adalah metabolit nandrolone – atau nama jalanannya, “deca” – steroid anabolik yang dijuluki “ciuman kematian,” menurut Conte, karena keberadaannya yang tahan lama di dalam tubuh.

Ostarine, kata Conte, adalah Selective Androgen Receptor Modulator (SARM) yang “mirip dengan steroid tetapi memiliki reputasi lebih aman dibandingkan steroid.”

“Bagi atlet yang sudah teruji, Anda [bodoh] jika mengambil apa pun selain yang bisa Anda beli di CVS dan Walgreens,” kata Conte.

Mantan pemegang gelar kelas menengah super Lucian Bute dinyatakan positif menggunakan ostarine setelah hasil imbang melawan Badou Jack pada tahun 2016, dan akhirnya didenda dan diskors karena menggunakan zat terlarang yang meningkatkan stamina dan kemampuan pemulihan latihan.

Sebelum menutup panggilan teleponnya pada hari Rabu, Haney diberitahu oleh Conte, “Saya pikir pertarungan ini telah menjungkirbalikkan dunia tinju. Sekarang menjadi semakin gila.” (Rondeaktual.com)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *